}
Lebih Jauh Kenalan sama Wajan
Trivia

Lebih Jauh Kenalan sama Wajan

by Sherra
Thu, 16-Apr-2015

Kalau udah masuk dapur, alat-alat perangnya pasti banyak banget. Mulai dari piring, sendok, centong, ulekan, pisau, dan banyak lainnya. Masing-masing alat pun punya bentuk, jenis, dan bahan yang berbeda.

Di antara kita, boleh jadi masih banyak yang menggunakan wajan yang sama ketika memasak beberapa makanan. Padahal, kalau memasak dengan wajan yang tepat, otomatis masakan juga akan lebih baik hasilnya..

Daripada bingung, langsung simak aja deh ragam wajan dengan beberapa fungsinya. 

1. Frying Pan - Wajan ini biasanya untuk menggoreng dengan minyak yang sedikit, misalnya telur dadar atau kulit crepe. Bentuknya akan memudahkan untuk membalik makanan.

2. Sauce Pan - Bentuknya didesain untuk memasak bahan masakan cair seperti susu, saus, dan merebus bahan makanan dalam jumlah sedikit. Wajan ini juga memudahkan tangan saat mengaduk-aduk tanpa kuatir terciprat. Sesuai namanya, wajan ini untuk membuat saos seperti saos spaghetti. Sauce pan juga baik untuk membuat poaching egg atau simmering [menggodok dengan api kecil].

3. Saucier - Memiliki fungsi yang sama dengan saucepan, namun memiliki dinding yang lebih pendek. Seringnya sih untuk masak mie instan ya..

4. Saute Pan - Nyaris mirip dengan frying pan, tapi wajan ini biasanya untuk memasak tumisan atau menggoreng dengan minyak lebih banyak tetapi bukan deep frying karena tingginya terbatas.

5. Braising Pan atau Casserole Pan - Braising pan digunakan untuk mengolah makanan dengan cara diungkep, misalnya semur, rendang, atau ayam. Kalau ingin memasak lebih banyak, Anda bisa gunakan Dutch pan.

6. Grill atau Griddle Pan - Dari namanya sudah tergambar jelas fungsinya. Kedua jenis ini digunakan untuk memanggang. Permukaan yang bergelombang berfungsi untuk membuat makanan bertekstur gelombang. Selain itu, agar minyak bisa turun ke bagian cekungan dan hasil panggangan lebih kering. Sementara griddle pan digunakan untuk hasil panggangan dengan tampilan yang polos atau tidak bertekstur.

7. Roasting Pan - Ini adalah wajan yang terbuat dari logam tahan panas yang digunakan untuk memanggang langsung di oven. Di dalam wajan nya ada rak agar minyak bisa turun dan tidak menempel ke daging.

8. Wok - Wok adalah jenis wajan yang digunakan untuk menggoreng dengan minyak yang banyak. Wajan Wok ini bisa digunakan untuk menggoreng teknik deep-frying ataupun untuk mengukus. Wajan ini ada yang berpegangan pendek dan panjang.

9. Stock Pot - Wajan ini terbuat dari logam tahan panas [api]. Stock pot semacam panci besar dengan dua pegangan dan tutup. Fungsinya? untuk memasak makanan yang berkuah, merebus makanan, membuat sup, kaldu, dan lain sebagainya. Biasanya stock pot memiliki berbagai macam ukuran.

10. Pressure Cooker - Ini bahasa Inggrisnya panci presto. Tentu gunanya untuk membuat bahan makanan bertekstur keras cepat lunak. Penutup panci diberi fitur kedap udara yang menghasilkan tekanan tinggi dan menaikkan suhu secara drastis. So, panci ini bisa menghemat waktu dan energi!

11. Double Boiler - Panci ini memiliki bentuk yang cukup dalam dan bundar dan terbuat dari steinless steel. Biasanya double boiler dipakai untuk melelehkan coklat atau mengukus. Sesuai dengan namanya, panci ini memiliki 2 bagian. Bagian pertama panci untuk menaruh makanan, sedangkan bagian kedua untuk air panas yang langsung berada pada atas kompor.

Oke, pilih wajannya, nyalakan kompornya, dan kita mulai masak.. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]