}
Cantiknya Siput Laut
Trivia

Cantiknya Siput Laut

by Pohan
Tue, 12-Apr-2016

Siput laut, bentuk, ukuran, dan warnanya beragam. Fotografer yang mengabadikannya juga butuh lensa dan peralatan khusus. Inilah aneka ragam siput laut yang cantik dan menarik:

1. Sea Sheep [Costasiella kuroshimae]: sejenis siput laut unik yang dapat berfotosintesis seperti tanaman.


2. Blue Angel [Glaucus atlanticus]: Siput ini lebih banyak hidup di perairan hangat di seluruh dunia,  khususnya di laut seputar Eropa dan Afrika bagian selatan.


3. Phyllodesmium Poindimiei: Tubuh spesies ini sangat ramping dan bentuknya bisa memanjang seperti slinder yang halus dan ujungnya melengkung.


4. Cadlinella Ornatissima: Cirkhas siput ini seperti bermantel dengan sel tunggal, yang lekukan tubuhnya seperti labu, dan memiliki senyawa kelenjar.


5. Dirona Albolineata: Ukurannya lebih besar ketimbang jenis siput lainnya. Ukuran siput ini bisa mencapai 180 mm atau 7 inchi.


6. Janolus Fuscus: Semenanjung Kenai, Alaska, California di Amerika dan Jepang Utara menjadi habibat siput ini.


7. Sea Bunny [Acanthodoris pilosaz]: Biasanya, tubuh siput ini panjangnya 5.5 cm. Warnanya bisa berubah-ubah sesuai lingkungan di sekitarnya.


8. Hypselodoris Kanga: Inilah salah satu siput dengan spesies yang warna latarbelakangnya kebiruan.


9. Cyerce Nigricans: Siput ini termasuk moluska laut dalam dalam keluarga Caliphyllidae.


10. Leaf Slug [Elysia chlorotica]: Berjuluk "Zamrud Elysia dari Timur", inilah spesies siput laut hijau, yang berasal dari kelas gastropoda.


11. Lettuce Sea Slug [Elysia crispata]: Cukup mudah menemukannya karena berada di laut dengan kedalaman rendah, di antara terumbu-terumbu karang.


12. Flabellina Iodinea: Dikenal sebagai Aeolis ungu, Flabellina Iodinea memiliki panjang tubuh sekitar 6,9 cm.