}
Hebatnya si Hitam
Trivia

Hebatnya si Hitam

by Sherra
Fri, 17-Apr-2015

Jintan Hitam atau Habbatussauda adalah jenis rempah-rempah yang dipercaya berkhasiat sebagai bahan obat dan kesehatan tubuh. Nama lain tumbuhan ini adalah: black seed, black caraway, natura seed, black cumin, nigella sativa, nutmeg flower, black sesame, dan kaluduru.

Bagi umat Muslim, biji-bijian hitam ini sudah dianjurkan pemakaiannya oleh Nabi Muhammad SAW. Lebih dari 2.000 tahun, jintan hitam digunakan di negara bagian Timur Tengah. Hingga sekarang, rempah ini biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu untuk berbagai masakan. Rasanya  sedikit pahit seperti lada.

Nah, sekarang pun jintan hitam sudah dibuat dalam bentuk kapsul berisi minyak hasil ekstrasi biji, yang siap diminum. Pengin tahu manfaatnya? 

Gangguan Pencernaan
Jangan kuatir lagi kalau dilanda sembelit, perut kembung, diare, atau muntaber. Jintan hitam dikenal efektif melawan bakteri, yang menyebabkan kolera, strainbakteri V Colera, E. coli, dan Shigella spp. Cara mengobatinya, campurkan setengah sendok teh minyak atau ekstrak jintan hitam ke dalam secangkir susu dan minum dua kali sehari.

Sumber Nutrisi
Nutrisi nggak cukup memenuhi kebutuhan tubuh kalau mengandalkan zat asam amino yang hanya diproduksi tubuh. Makanya, perlu asupan dari luar. Jintan hitam adalah salah satunya. Tanaman ini mengandung 8 dari 9 asam amino esensial. Sebagai suplemen, jintan ekstrak maupun minyak sama baiknya untuk diminum. Dosisnya: setengah sendok teh sebanyak tiga kali sehari. 

Meningkatkan Sistem Imunitas
Jintan hitam dapat melawan penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh, seperti gejala kanker. Nggak hanya melawan, tetapi tanaman herbal ini pun bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyebaran virus, seperti kanker dan AIDS.

Menyembuhkan Masalah Pernafasan dan Alergi
Pengidap asma, bronchitis, batuk rejan, dan penyakit alergi bisa mengonsumsi setengah sendok teh minyak atau ekstrak jintan di secangkir air hangat ditambah satu sendok madu. Minumlah pada pagi hari sebelum sarapan atau setelah makan malam. Selama proses pengobatan ini, hindari makanan yang dingin dan menimbulkan alergi.

Mengobati Kanker
Jintan hitam mengandung asam lemak yang bisa menghambat  perkembangan sel kanker. Caranya dengan mencampurkan segelas jus anggur dan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Minumlah tiga kali sehari. Pengobatan kanker bisa berlangsung selama 40 hari. Minyak jintan hitam juga bisa digosok pada tubuh yang terkena kanker, dengan memakainya secara rutin selama 2 minggu.

Mengobati Peradangan
Jintan hitam mengandung Thymoquinine, yaitu zat anti inflamasi yang sangat efektif. Jerawatan? Jangaan kuatir. Jintan hitam bisa jadi alternatif  meredakan jerawat yang meradang. Caranya, ambil satu sendok makan minyak zaitun, campur dengan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Gosokkan pada wajah, diamkan satu jam, lalu cuci dengan sabun. Pergelangan kaki dan sendi yang bengkak juga bisa disembuhkan lho. Caranya dengan membuat minyak pijat dari campuran satu sendok makan cuka, dua sendok madu, dan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Gunakan campuran ini dua kali sehari untuk memijat bagian yang meradang.

Meningkatkan Jumlah ASI
Jintan hitam pun bisa meningkatkan jumlah ASI pada ibu yang  menyusui. Pasalnya, jintan hitam mengandung lemak tak jenuh dan struktur hormonal. Bagusnya lagi, jintan hitam juga mengandung arginine, yang penting untuk pertumbuhan bayi. Namun sayangnya, belum ada kepastian mengenai keamanan pemakaian jintan hitam untuk akvitas menyusui ini. 

Meningkatkan Daya Ingat, Konsentrasi, & Cegah Kepikunan
Jintan hitam mengandung senyawa asam linoleat [Omega 6] dan asam linolenat [Omega 3],  yang merupakan nutrisi untuk sel otak. Kandungannya  bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kecerdasan serta dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak. Dengan demikian, Jintam hitam cocok untuk anak dalam usia pertumbuhan dan orang lansia.

Tips Menggunakan Biji Jintan Hitam
Seduh dengan air panas satu sendok makan biji jintan hitam ke dalam cangkir, tutup selama 10 menit, dan teh jintan hitam sudah siap dinikmati. Biji jintan hitam juga bisa dicampurkan ke dalam secangkir kopi. Karena biji jintan hitam bisa menurunkan kadar gula darah, lebih baik pemakaiannya dikonsultasikan dulu ke dokter atau ahli kesehatan. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]