}
Pejuang Nasib Buruh [Part 1]
Trivia

Pejuang Nasib Buruh [Part 1]

by Pandu
Tue, 28-Apr-2015

Hari Buruh adalah hasil perjuangan panjang dari kelas pekerja yang menuntut kesejahteraan. "May Day" adalah istilah untuk peringatan momen itu, yang jatuh setiap 1 Mei. Para buruh pun merayakannya dengan penuh suka cita, halal berorasi di jalan, mengungkapkan hak dan permintaan. 

Perjuangan panjang dari tahun 1882 sampai kini  bukan tanpa tumpah darah. Tangan besi penguasa yang represif  mengakibatkan nyawa-nyawa tak berdosa tumbang. Bahkan, serikat buruh sempat menjadi pohon bonsai yang tak bisa tumbuh subur.

Meski begitu, perjuangan terus berkobar. Tapi ada yang harus berani tampil di barisan depan. di antaranya adalah pejuang para nasib buruh, baik yang aktif di lapangan, maupun kursi parlemen. Sebagian dari mereka adalah:  

Marsinah - Simbol kelas pekerja! Wanita ini yang memotori pemogokan buruh di Sidoarjo [1993]. Malang,  Marsinah ditemukan tewas. Ia diduga dibunuh aparat. Kematiannya memicu pergerakan buruh yang lebih luas di Jakarta-Semarang.

S.K Trimurti - Wanita ini Menteri Perburuhan pertama di Indonesia. Dilantik pada 3 Juli 1947. Langkah awalnya, meredakan pertikaian antar serikat buruh dan meyakinkan para buruh untuk menyokong pemerintahan baru.

Sutan Sjahrir - Selama kabinetnya, Tokoh Sosialis-Demokrat ini mendukung segala program yang berkaitan dengan buruh. Ia bercita-cita mengerakan buruh sebagai sumber mobilisasi massa.

Maria Ulfah - Menteri Sosial era kabinet Sjahrir ini yang memaklumatkan supaya buruh yang merayakan hari buruh, upahnya tetap dibayarkan. Ia juga mendukung agar adanya hari peringatan khusus bagi buruh. [][bersambung] [teks @HaabibOnta | foto vawsbu]