}
8 Taman Urban Kota Maju
Trivia

8 Taman Urban Kota Maju

by Pandu
Thu, 14-Jul-2016

Satu hal paling penting di hidup manusia urban itu ruang terbuka. Contohnya itu taman kota atau alun-alun. Semua orang bebas bereksplorasi di situ. Entah main musik, jogging, sekadar membaca, atau bahkan berpacaran.

Bebas deh pokoknya. Dari ruang terbuka itu biasanya lahir komunitas-komunitas kreatif atau olahraga. Bisa juga aktor sehebat Robbie Williams. Jakarta juga sudah punya misal Lapangan Monas atau Taman Menteng. Hmm, tapi masih kurang pecah dibanding 9 di bawah ini..

1. Central Park, New York

Tercatat ada 35 juta pengunjung setiap tahunnya ke taman ini. Mendiang Robbie Williams pun memulai karier di Central Park sebagai pemain pantomim. Di taman ini, warga New York bereksplorasi kreativitas atau olahraga dan menghirup udara segar.

2. Hyde Park, London

Paru-paru yang memompa oksigen ke nadi Kota London yang sibuk dan padat. Tanpa Hyde Park, entah seperti apa polusi London. Ffiuh. Di segala musim, taman ini selalu padat dikunjungi.

3. Park Guell, Barcelona

Dibangun oleh arsitek legendaris, Antoni Gaudi selama 14 tahun [1900-1914]. Taman ini mirip dengan Disneyland karena terisi bangunan arsitektural yang epik. Oleh UNESCO taman ini dilindungi.

4. Bosques de Palermo, Buenos Aires

Setiap akhir pekan, taman ini penuh dengan atlet amatir yang jogging, main sepeda, dan rollerblade. Plus, pasar dadakan yang menjual apa saja. Beberapa orang juga sunbathe jika di pantai ramai.

5. Monsanto Forest Park, Lisbon

Taman ini ditumbuhi oleh pohon-pohon besar yang jadi tempat hidup beragam spesies burung. Karena lokasinya yang tinggi, cityscape Kota Lisbon terlihat setengahnya. Lebih mirip seperti Kebun Raya sebetulnya.

6.  Phoenix Park, Dublin

Salah satu yang terbesar di Eropa, hampir mirip sama Kebun Raya Bogor sih. Karena di sini rusa juga dibiarkan bebas keliaran. Taman ini satu bagian dengan Kebun Binatang Dublin, hutan, dan Monumen Historikal.

7. Luxembourg Garden, Paris