}
Makanan Betah Nyelip di Gigi
Trivia

Makanan Betah Nyelip di Gigi

by Sherra
Tue, 28-Apr-2015

Ternyata nggak cuma yang giginya bolong, tapi yang giginya sehat pun pasti keki gara-gara makanan yang hobi nyelip di antara gigi. Selain bikin mulut nggak nyaman, makanan nyelip juga bisa bikin bau mulut. yaacckhh.. jijay bajay ya? Survey membuktikan, bahwa makanan berikut adalah makanan yang terkadang betah nyelip di sela-sela gigi.

Kulit Cabe
Bayangkan, kalau temenmu nyengir, eh di giginya nongol cabe. Apakah, kamu akan bilang, "Gigi lo jadi bumbu masak?" So, waspada! Jangan asal nyengir kalau abis nyantap makanan pedas seperti sambal goreng kentang atau apapun yang dibalado. Pasalnya, kulit cabe nyelipnya diem-diem alias nggak berasa. Yep, biasanya kulit cabe nyangkut di antara gusi dan gigi depan. Pada akhirnya meninggalkan jejak yang cuma dilihat orang lain atau pas kamu ngaca. Ternyata, cabe pun bisa narsis ya.

Jagung
Mau dibakar, direbus, dimasukin sayur asem, bahkan dibuat popcorn, jagung tetap langganan untuk ngumpet di gigi. Prosesnya terjadi di saat jagung dilepaskan dari bonggolnya. Voila! Langsung aja dia mengisi sela-sela gigi. Jagung kayak gini bikin lidah ‘bekerja keras’ untuk mengusir dia keluar.

Daging & Urat
Well, siapa yang nggak pernah makan daging? Apapun itu. Daging sapi, ayam, kambing, kerbau, dan sebangsanya. Percaya atau nggak, beberapa daging bisa bikin kamu nggak nyaman. Biasanya yang suka nyelip itu yang berserat atau yang berurat. Ugh.. sampai akhirnya, tangan kamu lah yang harus mengambilnya dari gigi.

Sayuran Hijau
Sama genggesnya dengan makanan di atas, sayuran hijau seperti kangkung, bayam, sawi hijau, dan sebagainya juga demen banget masuk ke sela gigi atau gusi. Hemm..  dan kadang udah dicabut, tapi masih ada sisanya. Yuh eteb! Sayuran sih, biasanya masih bisa pergi dengan berkumur atau sikat gigi.

Keripik Singkong
Doyan makan keripik singkong? Pas sedang menikmati kerenyahannya, tiba-tiba jleb! Potongannya masuk ke sela gigi dan gusi. Rasanya? Kebayang lah ya, tajem cin! Masih untung, bukan keripik paku.

Kedondong
Buah yang enak buat rujak ini juga bisa bikin gigi linu! Seratnya yang tajam suka menyelinap ke sela gigi dan nggak mau keluar sendiri. Ckckck..

Nah, orang pasti sering mengandalkan tusuk gigi buat mengeluarkan sisa makanan tersebut. Tapi, sebenarnya penggunaan tusuk gigi nggak disarankan karena justru malah memperparah situasi. Kalau nggak hati-hati, yang ada bikin gusi berdarah dan infeksi.

Daripada pakai "dongkrak", lebih baik gunakan metode dental flossing seperti yang pernah di-posting di http://bit.ly/1IQkiku. Makanan apa lagi yang suka ngumpet di gigimu? [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]