}
10 Desain Produk Interaktif
Trivia

10 Desain Produk Interaktif

by Pohan
Tue, 28-Apr-2015

Kalau kita membeli produk, pasti dong lihat dulu kemasannya atau bungkusnya. Kalau menarik kemasannya, pembeli pun akan lebih mudah mengingat produknya. Lalu gimana caranya ya kalau pengin kayak gitu? Jawabnya: kemasannya harus interaktif.

Nggak heran, di setiap perusahaan produk, ada para desainer yang dituntut harus banyak ide untuk mendesain kemasan terbaik bagi para kliennya. Mereka pengin konsumen bisa berinteraksi dengan produk sehingga ada nilai plus dari sekedar produk itu sendiri.

Nah, berikut ini adalah bermacam kemasan produk interaktif, yang termasuk ngetop di planet bumi ini.


1. Hangerpak
Kemasan ini ramah lingkungan untuk mengirim dan menyimpan pakaian. Desainer, animator, sekaligus fotografer asal New York, Steve Haslip terinspirasi dari pakaian yang kusut saat digantung di pintu kamarnya.

2. Fresh Label

Indikator kesegaran daging ini dibuat TO-GENKYO. Konsumen tidak perlu membuka plastik untuk mencium atau memastikan daging yang dibelinya masih layak atau tidak untuk dikonsumsi.

3. D&AD ASDA Lunchboxes
Emma Smart menciptakan desain satu set kotak makanan untuk ASDA. Masing-masing dinamai Satisfying, Healthy, dan Childrens. Kotak berisi visual piring dan peralatan makan seperti asli.

4. Origami Beer Label
Clara Lindsten mendapat inspirasi dari fenomena orang-orang dalam situasi yang gugup. Label Origami sengaja diciptakan sebagai pengganti label botol bir yang biasanya digaruk para peminum.

5. Aube Chardonnay

Aube didesain oleh Mila Rodriguez. Ia berkontribusi untuk Packplay Contest di Kanada. Kemasan ini lebih efisien bila didaur ulang. Aube Chardonnay i memberikan pengalaman menarik cara memeras white wine.

6. GAWATT Emotions
Kedai kopi, Gawatt bekerja sama dengan Backbone Branding menciptakan serial cup souvenir edisi terbatas. Pelanggan dapat mengubah ekspresi wajah dengan memutar sleeve eksterior pada cup mereka.

7. Black Water

Minuman ini bermerek blk. dari Amerika. Tidak seperti minuman kesehatan lainnya, blk. hadir dengan kemasan botol yang menyimpan pesan tersembunyi seperti “Enjoy The Dark Side” [lihat gambar di atas].

8. KoKoa Hut
Prompt Design merancang kemasan untuk toko cokelat modern asal Thailand, KoKoa Hut. Tas belanja sengaja dirancang supaya bisa berbicara dan berinteraksi dengan konsumen dengan desain yang bisa diatur sendiri.

9. Creative Circle Condoms
Desainer grafis asal Denmark, Mads Jakob Poulsen berkolaborasi dengan Robert Nagy untuk membuat kemasan Sex og Sundhed. Kemasan dibuka dari kanan ke kiri yang mengungkapkan pernyataan humoris sederhana.

10. Sassafras Baking Kits
Kemasan ini untuk menyimpan cupcakes, brownies, cakepops, dan cookies.  yang dibuat 100% dari bahan daur ulang kardus yang bisa berubah menjadi topi binatang yang lucu seperti zebra. [][teks @pohanpow/boredpanda.com | foto courtesy of boredpanda.com]