}
6 Harta Karun di Kapal Karam
Trivia

6 Harta Karun di Kapal Karam

by Pandu
Sun, 21-Aug-2016

Katanya, nenek moyang manusia  adalah pelaut. Bisa jadi sih, karena faktanya ada artefak berbentuk kapal punya Homo Erectus. Sekitar 700 ribu sampai 800 ribu tahun lalu. Itu bahkan sebelum Masehi.

Sejak itu, peneliti memperkirakan ada 3 juta bangkai kapal di lambung lautan. Berisi harta karun serta artefak kuno yang menyambungkan masa ini dengan masa lampau. Enam yang paling terkenal sudah ditemukan.

Sisanya masih banyak lho. Tertarik buat menyelam? Nggak deh, pakai alat aja biar aman.

#1. SS Gairsoppa

Kapal ini tenggelam saat Perang Dunia II meletus pada tahun 1941. Hanya ada satu awak yang berhasil selamat. Kapal itu memuat 32 awak dan lusinan perak seharga 7 milliar dollar. Saat ditemukan tahun 2011, harganya sudah melonjak sampai 210 milliar dollar. Gila!

#2. Queen Anne’s Revenge

Telah ditemukan tahun 1996 dengan 10 ton artefak yang sudah dimuseumkan. Meski begitu, peneliti percaya, masih banyak artefak lain yang tercecer di kedalaman laut karena Blackbeard Si Bajak Laut telah menjarah kapal-kapal Inggris, Belanda, dan Portugal. Hanya 10 ton? Tidakkah itu kekecilan?

#3. HMS Sussex

Disebut sebagai kapal termewah yang dimiliki Inggris pada abad ke-17. Kapal ini karam diterjang badai di Selat Gibraltar. Tahun 2004 sempat ada rencana pencarian HMS Sussex, tapi gagal karena tidak tercapainya kesepakatan antara Inggris dan Spanyol.

#4. Tortugas

Nggak semua kapal berisi emas dan perak. Misalnya, Tortugas yang karam di kedalaman 450m. Berisi porselen dan mutiara dari tahun 1622. Pengangkatan kapal ini jadi ekspedisi laut dalam pertama sepanjang sejarah.

#5. Titanic