}
6 Spot Snorkeling untuk Belajar Renang
Trivia

6 Spot Snorkeling untuk Belajar Renang

by Pandu
Wed, 31-Aug-2016

Indonesia adalah negara maritim, kata buku geografi. Nenek moyang kita adalah pelaut, kata buku sejarah. Tapi coba, hayo Commuters bisa berenang nggak?

Kalau nggak bisa, parah wei! Nenek moyang kita aja mengarungi samudera lepas sampai ke Arab. Masa ini cicitnya renang aja nggak bisa? 'Pelanggaran' itu sih. Sebenernya ada cara supaya gampang renang, berenanglah di laut langsung. Sambil snorkeling ya!

Kan enak tuh renang bisa lihat terumbu karang yang bagus. Jadi ada motivasi untuk belajar renang. Daripada di kolam renang, kemari yok! Belajar renang sambil snorkelingan.

#1. Karimunjawa, Jepara

Butuh sekitar 6 jam kalau menyebrang dari Pelabuhan Jepara. Karimunjawa terkenal dengan laut yang teduh. Nggak berombak, jadi santai kalau mau snorkeling. Kalau mau kursus renang singkat, berenang aja bareng hiu di sini. Dijamin langsung joss!

#2. Pink Beach, Pulau Komodo

Pantainya ajib karena pecahan koral, membuatnya jadi berwarna pink. Lautnya? Alamak, cantik nian! Duet yang ajib banget deh. Capek snorkeling, ya bejemur di pantai. Jangan lupa foto, biar dapet banyak like di sosmed!

#3. Gili Nanggu, Lombok

Beli makanan ikan dulu sebelum snorkeling biar nanti pas nyelam banyak ikan kecil yang datengin. Jepret deh! Dijamin cakep itu foto. Gili Nanggu mirip sama Karimunjawa, nggak berombak, tenang dan semilir.

#4. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Waktu terbaik untuk ke sini antara April-November. Air sedang jernihnya dan banyak paus yang sedang mampir. Wakatobi menyimpan 25 jenis koral yang indah, plus ikan-ikan kecil yang cantik.

#5. Derawan, Berau

Sempat masuk nominasi pulau terindah di dunia. Spot di Kalimatan Timur ini emang punya daya magis! Bayangin aja, ada ubur-ubur nggak beracun. Tapi please kalau snorkeling di sini jangan bandel. Kasihan, ini rumah penyu hijau yang langka.

#6. Menjangan, Bali

Saking jernihnya, ada beberapa hiu kecil yang ikut berenang bareng lho di sini. Cuma 4 jam dari Denpasar. Jadi kalau ke Bali, sempetin juga ke Menjangan. Jangan clubbing di Kuta melulu. [][teks @HaabibOnta | foto learntosurfkona.com]