}
15 Alasan Pendidikan Itu Penting!
Trivia

15 Alasan Pendidikan Itu Penting!

by Pohan
Thu, 30-Apr-2015

"The educated differ from the uneducated as much as living from the dead.” demikian kata Aristoteles.

Makna sebenarnya dari kehidupan sangat tergantung pada pendidikan. Pengetahuan membantu kita dalam mengeksplorasi potensi dan membantu lepas dari kemiskinan dan kekurangan.

Meski begitu, masih ada yang salah kaprah bahwa pendidikan adalah pengajaran. Padahal, pendidikan maknanya lebih luas mencakup totalitas mental manusia, sedangkan pengajaran sebatas penyampaian ilmu dan pengetahuan. Jadi, tak heran, banyak orang yang mengenyam sekolah tinggi, tapi kualitas pendidikannya dipertanyakan. Bahkan tak malu berbuat asusila yang kurang ajar. 

Nah berikut adalah 15 alasan bahwa pendidikan itu sangat penting. Jelas dari alasan-alasannya pendidikan memang bermakna menyeluruh dalam kehidupan manusia, baik secara personal, maupun sosial.

15. Pendidikan Membantu Memperbaiki Kualitas Makanan

Teknologi pangan membuat kemajuan besar dan pendidikan merupakan alasan di balik itu. Jumlah anak-anak kekurangan gizi dan orang yang meninggal karena kelaparan mulai berkurang. The International Food Policy Research Institute dalam laporan tahuhannya menyebutkan  bahwa telah terjadi penurunan sampai 40% di malnutrisi periode 1970-1995.

14. Orang Terpelajar Tidak Mudah Ditipu
Orang yang berpendidikan sangat kecil kemungkinannya ditipu siapapun. Misalnya, ditipu karena masalah keuangan atau memperoleh kesempatan yang sama. Contohnya, apabila buta huruf, kita bisa menjadi mangsa orang licik yang ingin merampas harta dengan menandatangani dokumen penipuan. Mereka yang terdidik bisa mendeteksi penipuan dengan mudah dan menyelamatkan seseorang dari penipuan.

13. Pendidikan Menghasilkan Keputusan yang Lebih Baik
Seorang yang terdidik memiliki kapabilitas tentang kearifan dan bisa membuat keputusan yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak berpendidikan. Salah satu contohnya tentang hal ini adalah wanita di Mali. Mereka dengan tingkat pendidikan sedikit lebih tinggi memiliki 3 anak, sementara mereka yang tidak memiliki pendidikan memiliki 7.

12. Pendidikan Membantu Kematangan Emosi

Orang yang berpendidikan mungkin lebih bisa mengatasi tekanan. Mereka tidak menyerah pada kondisi tersebut karena sistem pendidikan telah mengajarkan tentang hal itu secara menyeluruh. Di sisi lain, kita melihat orang-orang miskin yang kurang berpendidikan, melakukan bunuh diri karena kondisi keuangan. Pendidikan membantu kita agar tetap kuat dan bisa bangkit saat menghadapi masalah.

11. Pendidikan Membuat Hidup Lebih Mudah pada Abad ke-21

Teknologi Informasi [TI] sangat berperan penting dalam penyelenggaraan pendidikan karena intensitas kebutuhan pendidikan dari masa ke masa terus meningkat. Kita punya smartphone, akses Wi-Fi di hampir seluruh penjuru bumi. TI telah menjadi kekuatan pendorong bagi generasi ini. Pendidikan membantu setiap perubahan yang terjadi termasuk teknologi informasi dunia.

10. Pendidikan Membantu Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Semua yang kita katakan memiliki arti dan masuk akal karena gelar 'Prof' atau 'Dr.' pada nama. Untuk menjadi pembicara otentik, kita harus memiliki derajat dan kredensial. Orang yang tidak cukup terpelajar mungkin tidak punya keberanian berpidato, mengajukan ide-idenya secara empatik. Pendidikan memberikan seseorang rasa percaya diri memimpin dunia.

9. Membantu dalam Pelestarian Seni dan Budaya
Kita semua menyadari pentingnya sumber daya alam, seni dan budaya. Orang-orang berpendidikan dapat memberikan kontribusi terhadap pelestarian dan pemanfaatan yang tepat dari sumber daya. Sedangkan orang yang tidak berpendidikan biasanya seenaknya memotong pohon, sumber bahaya, membunuh hewan karena mereka tidak menyadari itu semua bahaya untuk bumi.

8. Membantu dalam Menjaga Harmoni Sosial
Semua perampok, penjahat, pencuri, teroris adalah orang-orang yang tidak berpendidikan. Sebagian besar dari mereka dengan mudah terpengaruh oleh orang lain dan menjadi pembuat masalah. Orang tidak berpendidikan bertengkar dengan keras dan tidak memegang nilai moral serta sikap disiplin. Sebaliknya, orang terdidik memahami hak satu sama lain sehingga bertindak penuh tanggungjawab.

7. Membantu dalam Meningkatkan Tingkat Pengetahuan dan Pemahaman
Orang terdidik memahami sesuatu dengan mudah. Orang yang berpendidikan dengan mudah tahu perbedaan antara ponsel pintar dan tablet. Orang terdidik membantu dalam perkembangan bangsa sebagaimana adanya dukungan. Sementara orang yang tidak berpendidikan sebaliknya.

6. Pendidikan Membantu dalam Berinovasi Hal-hal Baru

Terbang di udara hampir mimpi bagi umat manusia sehingga Wright bersaudara punya ide membuat pesawat. Sekarang kita terbang di atas laut dan pegunungan dengan menggunakan jet super cepat, bepergian dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu singkat. Setiap penemuan manusia telah membuat hidup kita lebih mudah bahwa ini tidak akan mungkin terjadi tanpa pendidikan. Itu hanya prasyarat untuk inovasi.

5. Pendidikan Membantu Meningkatkan Kondisi Kesehatan

Sekarang ini, diare mungkin tidak terlalu serius. Tapi beberapa tahun yang lalu, penyakit itu adalah epidemi yang bisa membunuh jutaan jika tersebar di daerah. Sektor medis telah membuat kemajuan besar dan sekarang kita memiliki obat untuk hampir setiap penyakit. Adanya vaksin kekebalan tubuh dan pil membantu kita cepat sembuh. Berkat pendidikan, kita memiliki akses terhadap fasilitas medis dari nenek moyang kita.

4. Pendidikan Mengarah pada Ekonomi yang Sejahtera
Negara-negara yang 100% dihuni orang-orang yang berpendidikan adalah negara-negara terkaya di dunia, seperti: Amerika Serikat, Jepang, Finlandia, dll. Orang-orang terdidik di negara-negara tersebut menambah produk domestik bruto. Tanpa pendidikan, tidak mungkin bagi suatu negara bisa berkembang atau makmur dan sejahtera.

3. Pendidikan Membuka Peluang

Salah satu cara untuk meminta hujan adalah melipat tangan dan memohon para dewa hujan untuk mandi. Yang lainnya lebih pintar, yakni dengan cara menggali tepat di bawah kaki untuk menemukan air. Orang berpendidikan akan melakukan yang terakhir karena dia tahu bahwa kesempatan tidak akan datang mengetuk pintu. Kita harus berusaha untuk itu dan memenuhinya.

2. Orang Terpelajar Lebih Tercerahkan daripada yang Lain

Jelas, orang berpendidikan memiliki argumen yang efektif sesuai keyakinannya dan perbuatannya. Mereka membantu dalam mewujudkan masa depan yang jelas mengenai sudut pandangnya. Mereka ingin tahu dan tidak pernah berhenti bertanya sampai mendapatkan jawaban dengan alasan yang tepat.

1. Pendidikan Berarti Hidup Lebih Bahagia
Keluarga yang berpendidikan bisa lebih bahagia daripada orang-orang yang tidak peduli dengan pendidikan. Pendidikan mendatangkan pekerjaan dan menjadi sumber pendapatan untuk kestabilan secara finansial demi standar hidup yang lebih baik. Terlihat anak-anak dari orang tua yang berpendidikan mampu bekerjasama dan bertingkah laku di lingkungan masyarakat atas kebahagiaan yang mereka dapatkan.

Ada kata-kata bijak tentang kehidupan dalam bahasa Inggris yang bila diartikan berbunyi “Pendidikan tidaklah persiapan untuk hidup karena pendidikan yang sebenarnya yaitu kehidupan itu sendiri.” So, mari kita hidupkan diri kita! [][teks @pohanpow/lists10.com | foto dok. transformationaltrend.com, kimberlyamato.com]