}
Hari Perayaan Orang Mati
Trivia

Hari Perayaan Orang Mati

by Pandu
Wed, 26-Oct-2016

Setiap akhir Oktober, Halloween akan dirayakan sebagai budaya populer di antara masyarakat urban. Mall, klub, sampai kantor juga kadang ada yang seru-seruan ikutan Halloween.

Berani nggak coba ikutan Halloween di Menara Saidah atau Penjara Museum Fatahilah?

Selain Hallowen, beberapa negara lain juga merayakan festival hari orang mati lho, sebagai penghormatan kepada arwah leluhur sekaligus merayakan musim panen tiba. Dan rata-rata sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam.

Halloween [Eropa & USA]

31 Oktober

Bangsa Kelt percaya pembatas alam baka dan dunia ini memudar pada malam Halloween. Kepercayaan ini lalu menular ke seluruh dunia dan jadi budaya populer.

Obon [Jepang]

15 Agustus

Inilah hari ketika orang Jepang serentak berziarah ke makam leluhur. Mereka memberi sajen berupa timun atau permen dan menyalakan obor untuk menerangi jalan leluhur di alam baka.

Yu Lan Jie [China]

17 Agustus

Disebut juga Festival Hantu. Hari ketika para leluhur mengunjungi keturunannya. Jadi, yang hidup wajib menyediakan makanan dan lampion. Pada hari ini orang dilarang pakai baju merah.

Día de Muertos [Meksiko]

31 Oktober - 2 November

Pada momen ini, seluruh pemakaman di Meksiko akan penuh dengan hiasan, sesajen dan lentera. Bahkan ada keluarga yang menginap di pemakaman. Toko-toko juga penuh dengan pernak pernik tengkorak.

Ma’ Nene’ [Indonesia]

[tanggal perayaan tidak pasti]

Dirayakan tiga tahun sekali saat musim panen. Jasad leluhur yang telah jadi mumi akan dikeluarkan dan diberikan pakaian baru. Ini adalah hari ketika perantau dari Toraja diharuskan pulang.

Chuseok [Korut – Korsel]

15-18 bulan 8 kalender matahari

Untuk hal ini Korut dan Korsel tidak akan berdebat. Selama hari Chuseok, warga akan berziarah ke makam dan membuat persembahan di rumah untuk leluhur. Berupa buah, ikan, dan kue beras.

Gai Jatra [Nepal]

3 Agustus

Pada hari itu ada banyak sapi yang diarak ke jalan. Untuk membantu jalan para arwah ke Nirwana. Jika setahun belakangan ada keluarga yang meninggal, mereka wajib ikut festival.

Famadihana [Madagascar]

16 Agustus