}
5 Pulau Yang ‘Merantau’ Dari Rumahnya
Trivia

5 Pulau Yang ‘Merantau’ Dari Rumahnya

by Pandu
Sun, 06-Nov-2016

Dunia ini memang aneh dengan segala sistemnya. Bayangin aja ada pulau yang masuk dalam negara tertentu. Tapi negaranya jauuuh banget. Contoh misalnya Hawaii dan USA. Jaraknya itu 7.781km. Padahal dari Sabang ke Merauke aja cuma 5.243 km. 

Atau kayak peristiwa Pulau Christmas yang ‘dicaplok’ Australia. Dari segi jarak, deketan pulau Jawa ke situ. Daripada Australia ke P. Christmas yang sampai 3.385 km. Tapi dari segi politis, Indonesia harus kalah.

Ini lima pulau lain yang bagus banget, tapi ada di luar teritori suatu negara. Kok bisa? Sesuai kata pepata aja “jaman makin edan”.

1. Pulau Saint Helena - Inggris

Jarak 7.605 km

Di antara Brazil dan Afrika Barat, Saint Helena adalah pulau tropis yang dipilih Inggris untuk mengasingkan Napoleon Bonaparte di tahun 1815.

2. Bora Bora - Prancis

Jarak 15,916 km

Disebut sebagai pulau terindah di bumi yang menyaingi Raja Ampat atau Bali. Bora Bora ada di Samudra Pasifik, jauh banget dari induknya di Eropa.

3. Turks & Caicos - Inggris

Jarak 6.807 km

Dua pulau ini ada di perairan Karibia, surga buat para diver dan pelancong. Tapi belum banyak yang tahu kalau pulau ini milik kerajaan inggris.

4. Svalbard - Norwegia

Jarak 1.986 km

Cuaca yang ekstrem buat pulau ini tidak dihuni. Anehnya, Svalbard tidak masuk archipelago Norwegia. Tapi Norwegia berhak mengelolanya. Hmm.. kena PHP.

5. Madeira - Portugal

Jarak 1.076 km

Pulau tempat lahirnya Christiano Ronaldo ini sebetulnya lebih dekat ke Maroko. Oia CR7 paling malas mudik ke sini karena sering ‘dipalak’ uang. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto list25.com]