}
Beda Kutub Selatan dan Kutub Utara
Trivia

Beda Kutub Selatan dan Kutub Utara

by Pandu
Thu, 17-Nov-2016

Bumi ini dibangun dari dualitas agar semua hidup seimbang. Ada yang kaya; ada yang miskin. Ada yang cakep; ada yang jelek. Ada yang baik; ada yang jahat.

Ada Kutub Selatan; ada juga Kutub Utara. Dua kutub magnet ini yang bikin bumi tetap berotasi pada porosnya. Meski dua kutub ini penuh dengan es dan salju, ternyata tetep ada bedanya lho.

Kutub selatan dan kutub utara itu nggak kembar sama sekali. Nih dia bedanya.

1. Metamorfosis

Kutub Utara akan mencair setengahnya saat musim panas dan membeku lagi musim dingin. Kalau kutub selatan tetap beku apa pun musimnya.

2. Lubang Ozon

Di Kutub Selatan ada lubang ozon yang hampir sebesar Amerika Serikat. Daerah ini terancam pemanasan global. Sedang di Kutub Utara, ozon makin menipis.

3. Suhu ekstrem

Kutub Selatan adalah bagian terdingin di bumi. Suhu rata-ratanya -49 C per tahun, gokil! Kutub Utara paling dingin cuma -34 C. Jauh banget bedanya.

4. Beruang dan Penguin

Mereka nggak hidup di satu habitat. Beruang kutub cuma ada di Kutub Utara. Sedangkan penguin tinggal di Kutub Selatan. Tanpa ancaman predator apapun.

5. Izin Tinggal

Di Kutub Utara, dibangun beberapa kota untuk tempat tinggal. Misalnya di Alaska. Sedang Kutub Selatan, murni untuk penelitian. Nggak ada negara yang punya.

6. Laut vs Gunung

Di Kutub Utara rata-rata lautnya membeku. Beda sama Kutub Selatan yang banyak gunung dan batuan cadas.

7. Cadangan Emas Hitam

Menurut Survey Geologi US, Kutub Utara nyimpen banyak cadangan emas hitam alias minyak bumi yang banyak.  [][teks @HaabibOnta | foto berbagai sumber]