}
Kecoa? Hiiii!!!
Trivia

Kecoa? Hiiii!!!

by Hagi
Tue, 05-May-2015

Banyak yang bilang, kecoa adalah binatang yang paling menjijikkan di dunia. Tapi biasanya, mereka bilang begitu, hanya karena takut. Bahkan preman bertato dengan penampilan paling sangar sekalipun, belum tentu tegar jika si serangga menyeramkan ini sudah mengepakkan sayapnya.

Biar harga diri nggak jatoh, karena ketauan takut sama kecoa, yuk kita pelajari karakter salah satu serangga terkuat ini.

1. Dari 4.000 spesies kecoa di bumi, hanya sekitar 30 jenis yang tinggal di sekitar manusia. Sisanya berada di tempat yang kamu nggak pengin tau.

2. Kecoa bisa makan apa saja, dan dapat bertahan hidup tanpa makanan selama jangka waktu yang lama.

3. Mereka sudah merayap di bumi sejak ratusan juta tahun lalu. Sisa-sisa fosil leluhur kecoa ditemukan hidup pada Periode Carboniferous.

4. Kecoa sangat suka disentuh. Tubuh mereka yang tipis itu amat peka rangsang. Itu makanya mereka demen banget menyelinap ke celah-celah sempit.

5. Kecoa betina kawin hanya sekali, dan hamil selama hidupnya. Whoa!      

6. Telur-telur kecoa ditetaskan dalam selubung pelindung tebal bernama oothecae. Dalam satu ootecae ada 14-40 butir telur.

7. Ukuran tubuh anak kecoa berusia satu hari sangat kecil. Tapi kemampuan geraknya nyaris sama dengan kecoa dewasa.

8. Sang betina dapat memproduksi 6-8 oothecae selama 6 bulan masa hidupnya. Ada 180-320 kecoa baru yang lahir dari satu induk.

9. Bakteri yang tumbuh di dalam tubuh kecoa adalah juga penghasil vitamin untuk kesehatan mereka. Ini yang bikin mereka bisa makan apapun.

10. Yeah, kecoa bisa hidup berminggu-minggu tanpa kepala. Mereka memiliki sistem peredaran darah terbuka, jadi tidak rentan terhadap pendarahan dari luka.

11. Reaksi mereka cepat. Karena peka rangsang, mereka bisa langsung mendeteksi dari perubahan arus udara. Kecepatan berlarinya 80cm/detik!

12. Kecepatan ini berarti sekitar 4km lebih perjam. Bayangkan, ada berapa banyak kuman dan bakteri yang bisa mereka sebarkan.

13. Kecoa hidup di hampir seluruh penjuru bumi, kecuali di daerah kutub.

14. Kecoa tumbuh besar di iklim tropis. Sayap jenis Megaloblatta longipennis lebarnya 18cm! Kecoa badak Australia beratnya 33,5gram! Emaaaaaak!!!

15. Kecoa terbesar hidup di Amerika Selatan. Panjang 15cm dan lebar sayapnya 30cm. Ini sih jelas monster!!

16. Bukan mau nakut-nakutin, tapi selalu ada bagian dari tubuh kecoa di makanan Anda. Cokelat paling sering membawa serpihan itu.

17. Kecoa bisa dilatih dengan rangsangan-rangsangan tertentu. Seperti anjing, mereka bisa mendeteksi rangsangan yang sama untuk kondisi tertentu.

18. Penelitian menunjukkan, kecoa lebih mudah menerima ‘pelajaran’ pada pagi hari. Jadi jangan mau kalah sama kecoa yaa..

19. Di China, kecoa diternakkan untuk diambil bubuknya sebagai bahan pengobatan tradisional, dan sumber protein untuk perusahaan kosmetik. Ewww!

20. Sebagian besar kecoa adalah imigran. Di New York, kecoa pendatang dari Asia lebih tahan hidup di udara dingin bersalju, ketimbang kecoa pribumi.

21. Kecoa bisa menahan nafas hingga 40 menit, dan bisa bertahan 30 menit saat di dalam air. Pengaturan pernafasan ini berguna untuk keselamatan dirinya.

22. Kecoa adalah serangga berdarah dingin. Mereka dapat hidup tanpa makan selama satu bulan, dan dapat bertahan tanpa air selama satu minggu.

23. Kecoa nggak selalu mati dengan posisi terlentang. Tapi saat sekarat, tubuhnya mengalami kontraksi otot yang menyebabkannya terbalik.

24. Makanan favorit kecoa adalah lem. Entah gimana caranya mereka nggak nempel saat mengonsumsi bahan lengket itu.

25. Kecoa memiliki sistem gerak motorik yang mencengangkan. Ia akan menempel pada objek yang memiliki rasa takut terhadapnya.

26. Sebuah studi menemukan, kecoa kentut rata-rata 15 menit sekali. Bahkan ketika mati, mereka masih melepas gas metana selama 18 jam.

27. Karena gas metana inilah, kecoa merupakan salah satu dari penyebab global warming, setelah rayap dan sapi.

28. Alergi kecoa yang disebabkan dari kotoran dan serpihan bangkainya sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan asma.

29. Konon kabar, mereka termasuk sedikit dari spesies yang tahan dengan reaksi bom atom. Kemampuan adaptasinya amat tinggi.

30. Kelemahannya adalah asam borat atau boraks. Campurkan boraks dengan tepung, dan sebarkan ke daerah yang sering dilalui kecoa. Tamatlah mereka! [][teks @evaevilia/berbagai sumber | foto freeimages.com]