}
Alat-alat Pengubah Dunia
Trivia

Alat-alat Pengubah Dunia

by Pohan
Wed, 06-May-2015

Sejak dulu hingga detik ini, banyak penemuan manusia yang masih digunakan. Selalu ada penemuan alat-alat baru yang canggih untuk menggantikan alat-alat buatan lama. Namun ada beberapa yang tetap mempunyai fungsi sama, bahkan disinyalir sebagai alat-alat pengubah dunia. Apa saja ya? Ini baru sebagian aja lho...

1. Printer
Hewlett-Packard LaserJet pertama kali muncul pada tahun 1984 dengan harga US$3,500. 
Data bisa tersimpan di printer dan membuat alat ini berguna untuk mencetak foto, dokumen, halaman web, dan masih banyak lagi.

2. Stopwatch
Digital timer pertama yang digunakan dalam olahraga yang terorganisasi. Kemudian dikembangkan Cox Electronic Systems, Inc. of Salt Lake City Utah pada tahun ‘71.
Alat ini digunakan sampai sekarang untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam suatu kegiatan.

3. Electric Toothbrush
Sikat gigi listrik pertama, Broxodent. Penggagasnya, Dr. Philippe-Guy Woog di Swiss pada tahun 1954. Semula dia membuat alat ini bagi pasien ortodontik.
Alat ini memang canggih, namun orang-orang yang pernah mencobanya lebih memilih menggunakan sikat gigi biasa karena tidak perlu mengisi baterai.

4. Lunchbox
Kotak makan ini sukses di pasaran berkat ide Aladdin Industries saat meluncurkan Hopalong Cassidy-branded kit pada tahun 1954.
Wah, masih ingat nggak menu pertama kotak makan kamu pas zaman sekolah? Indomie goreng salah satu favoritnya dong?

5. CD-ROM
Kemunculan CD-ROM sangat membantu pecinta game. Bayangkan saja, sebelumnya, yang main game seperti Alone in the Dark memerlukan empat buah disket.
CD-ROM pun sekarang sudah mulai jarang digunakan sejak kemunculan flash disk.

6. Ballpoint Pen
Bolpen dipatenkan pertama kali pada 30 Oktober 1888 oleh John J. Loud. Ia mencoba untuk menciptakan alat tulis yang bisa menulis di produk kulit.
Kapan terakhir kamu curhat di buku diari pakai bolpen? Sekarang tinggal pencet atau geser yah?!

7. Car Jack
Richard Dudgeon menemukan dongkrak portabel hidrolik pada tahun 1852 ketika ia berusia 32 tahun.
Alat ini dari dulu ukurannya tidak berubah, kegunaannya besar sekali karena bisa membantu memompa menggunakan tangan.

8. Cassette Tape
Format kaset tape ini diciptakan oleh Philips pada tahun 1962, dan mulai mengalahkan vinyl pada awal tahun 1980. perangkat pemutar musik ini kemudian bersaing dengan CD.
Tahun ini kaset tape menjadi incaran sebagian para kolektor yang sempat keasyikan dengar MP3. Mereka kembali mencari kaset tape lama yang hilang.

9. Pocket Calculator
Kalkulator portabel pertama kali muncul di Jepang pada tahun 1970 termasuk merek Sanyo ICC-0081 "Mini Calculator" dan Sharp QT-8B "Micro Compet”.
Gimana cara kita menghitung uang triliunan dengan cepat? Intinya sih membantu proses penghitungan yah!

10. Wi-Fi Router
Wi-Fi menjelajahi lebih dari 9.000 perangkat, dari mulai ponsel sampai teve sejak diperkenalkan pada tahun 2000.
Duduk di sebuah cafe pertama kali yang ditanyakan tamu bukanlah menu, namun “Ada Wi-Fi nggak?" [][teks @pohanpow/popularmechanics.com | foto popularmechanics.com]