}
3 Jurnalis Perempuan Terkenal
Trivia

3 Jurnalis Perempuan Terkenal

by Pohan
Tue, 13-Dec-2016

Jurnalis perempuan di dunia memberikan kontribusi tulisan mengenai berbagai macam hal termasuk hak-hak etnis sipil, hingga kesetaraan gender. Inilah tiga jurnalis terkenal yang di antaranya juga penulis serta psikiater:

1. Jane Jacobs [1916-2006]

Jane Jacobs lahir pada 4 Mei di Scranton, Pennsylvania. Setelah bekerja sebagai wartawan dan penulis lepas, dia bergabung dengan staf redaksi Architectural Forum pada tahun 1952.

Salah satu karya tulis Jacobs yang terkenal berjudul The Death and Life of Great American Cities. Buku ini bercerita tentang kritik pedas dan penolakan terhadap perencanaan tata kota modern Amerika Serikat.

Berikut kutipan dari buku tersebut: “Not TV or illegal drugs but the automobile has been the chief destroyer of American communities."

2. Virginia Woolf [1882–1941]

Penulis asal Inggris, Virginia Woolf lahir dari keluarga beruntung. Ia dibesarkan orangtua yang berpikiran bebas. The Voyage Out merupakan novel pertamanya pada tahun 1915.

Dia menulis novel klasik modernis termasuk Mrs. Dalloway, To the Lighthouse, dan Orlando serta karya esai panjang dalam buku Room of One's Own dan Three Guineas.

Dalam kehidupan pribadinya, dia menderita depresi yang mendalam. Dia bunuh diri pada tahun 1941, pada usia 59.

3. Elisabeth Kubler-Ross [1926-2004]

Elisabeth Kubler-Ross ingin menjadi dokter tetapi ayahnya melarang. Dia meninggalkan rumah pada usia 16 tahun menjadi seorang relawan rumah sakit saat Perang Dunia II.

Akhirnya, ia masuk sekolah kedokteran pada tahun 1951. Ia belajar tentang penyakit yang mematikan dengan menerbitkan buku On Death and Dying pada tahun 1969. 

Kubler-Ross mengeksplorasi lima tahap kematian: penolakan dan isolasi, kemarahan, tawar-menawar, depresi, dan penerimaan. [][teks @pohanpow/biography.com | foto dok. centerforthelivingcity.org, independent.co.uk, simonandschuster.co.uk]