}
5 Negara Penggundulan Hutan Terparah
Trivia

5 Negara Penggundulan Hutan Terparah

by Pandu
Thu, 22-Dec-2016

Masih banyak orang yang tidak sadar bahwa bumi ini perlu hutan sebagai pemasok utama oksigen. Agar manusia tidak punah seperti dinosaurus. Tapi jika harus memilih antara mengisi paru-paru atau perut, sepertinya banyak yang lebih pilih isi perut. Supaya kenyang.

Karena toh, oksigen gratis. Nggak perlu bayar seperti makan di warteg. Apalagi tindakan penebangan illegal juga bisa mulus selama ada fulus masuk ke oknum pemerintah korup. Hutanku sayang, hutanku malang.

Ini lima negara yang mengalami penggundulan hutan tiap tahunnya versi worldatlas.com.

1. Brazil: 13,382 meter kubik

Sebanyak 15.000 spesies pohon terancam populasinya akibat perambahan hutan Sungai Amazon. Dibabat secara illegal untuk konstruksi kota, jembatan, dan jalan.

2. Indonesia: 5,590 meter kubik

Dulu Kalimantan dan Sumatera sempat dibilang 'paru-paru dunia'. Sayang, itu sebelum hutan dibabat untuk pengeboran minyak mentah dan perkebunan sawit.

3. Rusia: 2,055 meter kubik

Setiap kemarau, kebakaran hutan tak bisa dihindari. Penyebabnya, pemukiman yang mulai dekat dengan hutan dan juga pemanasan global.

4. Mexico: 1,525 meter kubik

Hutan pinus mulai dibabat untuk kebun alpukat ilegal warga. Alasannya, alpukat harganya tinggi sekali jika diimpor ke USA.

5. Papua Nugini: 966 meter kubik

Pembabatan, kebakaran, perburuan, dan kebun kelapa sawit adalah faktor utama berkurangnya hutan di Papua Nugini. [][teks @haabibonta | foto wwf.panda.org]