}
Enam Buku Otobiografi Musikus Terbaik
Trivia

Enam Buku Otobiografi Musikus Terbaik

by Pandu
Sun, 15-Jan-2017

Dan fans seringkali penasaran hidup seperti apa yang dijalani oleh para rockstar? Yang glamor oleh pesta dan juga yang riuh dengan tata lampu. Apa selalu begitu?

Faktanya adalah nggak ada jalan pintas untuk para rockstar tadi mencapai puncaknya yang sekarang. Semua menjalani tur kota dengan mobil jelek. Lapar nggak punya duit. Serta rekaman di studio dengan sound yang pas-pasan. Kuncinya adalah tidak membuang kesempatan.

Dari segambreng otobiografi yang ditulis oleh musikus internasional, kami saring jadi enam yang terbaik. Atau, jika bukan yang terbaik, pasti yang terliar.

6. Jay-Z: Decoded [2010]













Dirinya di buku ini sekadar sampel dari kerajaan hip-hop yang besar. Bahwa mayoritas rapper dicemplungkan ke kehidupan kriminal karena miskin. Sebelum mencicip industri dan blink-blink.

5. Patti Smith: Just Kids

Pernah Patti dikira banci ketika muda, sampai ditraktir sandwich. Segalanya dibuka, sampai kehidupan bohemia ala New York tahun 1960. Disampul dengan kisah romantik juga getir. Anak muda di tengah belantara pesta.

4. John Lennon: In His Own Write [1964]

John adalah personel The Beatles pertama yang mempublikasikan diarinya. Berisi 78 halaman yang dibagi jadi 31 cerita. Plus coretan asli dari Lennon untuk ilustrasinya. Barang langka nih, gan!

3. Bob Dylan: Chronicles [2004]

Dylan memang lebih suka dinilai sebagai penyair ketimbang musikus. Tapi tidak ada satu kritikus pun yang mengira, otobiografinya akan seliar itu. Lompat dari satu fragmen ke fragmen lain yang mengecor isi kepalanya.

2. Keith Richards: Life [2010]

Dikenal sebagai Raja Pesta Hollywood, Keith berkali-kali selamat dari overdosis. Keith bercerita tentang sakit, pedih, pesta, cinta dan obat apa saja yang ia telan. Juga “Malaguena” yang buat Keith cinta pada gitar.

1. Paul McCartney: Many Years From Now [1997]

Harusnya buku ini mematahkan legenda urban, kalau Paul McCartney yang asli meninggal di tahun '66. Selain menceritakan dirinya, Paul juga menulis tentang Lennon dan The Beatles. Isinya keren banget!

[][teks @haabibonta/berbagai sumber | foto myvintagegeneration.com, junostatic.com, images-na.ssl-images-amazon.com, consequenceofsound, images-na.ssl-images-amazon.com, hiphopculturebook.com]