}
Hewan-hewan Berkantung
Trivia

Hewan-hewan Berkantung

by Sherra
Mon, 16-Jan-2017

Marsupial adalah kelompok mamalia yang sebagian besar hidup di Australia dan Amerika Selatan dengan karakteristik khas, yaitu memiliki kantung. Nah, kantung-kantung mereka itu untuk membawa anak-anak mereka ke mana-mana.

Bayi marsupial beda dengan bayi mamalia pada umumnya. Bayi mamalia tumbuh dalam plasenta induknya. Hasilnya? Beberapa bayi mamalia sudah lebih tumbuh sebelum mereka lahir. Contohnya, bayi jerapah yang langsung bisa berjalan beberapa jam pasca kelahirannya.

Sedangkan ketika bayi marsupial lahir, mereka masih lemah dan arus masuk ke dalam kantung induknya sekitar seminggu atau sebulan sampai mereka siap untuk menghadapi dunia luar. Kalau biasanya kita berpikir kalau kangguru adalah satu-satunya binatang berkantung, salah. Karena inilah beberapa hewan marsupial.

1. Kangguru dan Walabi

Hewan ini sudah pasti disebut saat ditanya "Apa contoh hewan berkantung?". Kangguru dan walabi layaknya anak kembar. Cuma beda di warna dan ukuran badan. Australia, Tasmania dan New Guinea adalah rumah bagi lebih dari 50 spesies kanguru dan walabi. Mereka dikenal juga sebagai macropods karena memiliki kaki yang besar. Kanguru dan walabi adalah herbivora yang makan berbagai rumput dan vegetasi lainnya.


2. Koala

Binatang berbulu abu-abu-berbulu penghuni pohon ini juga marsupial. Kantong mereka nggak seperti kangguru yang menghadap ke depan, tapi ke belakang. Konon, ini biar kantong nggak kotor ketika mereka menggali terowongan. Koala tinggal di pohon-pohon eukaliptus, di mana daunnya adalah makanan pokok mereka. Oh iya, fakta-fakta koala bisa diintip di sini.