}
'Ritual' Sebelum Coblos Pilkada
Trivia

'Ritual' Sebelum Coblos Pilkada

by Pandu
Tue, 14-Feb-2017

Secara serentak 101 warga daerah akan memilih Kepala Daerah pada Rabu15 Februari nanti. KPU menetapkan Pilkada pada pertengahan pekan agar tidak ada warga yang keluar daerah pada hari tersebut.

Menjelang hari pemilihan, atmosfer kompetisi makin riuh. Jalanan, media massa, termasuk media sosial penuh dengan kampanye para paslon atau pendukungnya. So, kamu yang jadi pemilih tetaplah tenang dan berpikir sehat. Jika tiba harinya pemilihan nanti, lakukan 'ritual' ini.

1. Sarapan

Agar beban pikiran berkurang. Jadi, kepala nggak panas, puyeng, lalu pingsan. Di dalam perut yang kenyang, ada pikiran yang tenang, saudaraku.

2. Cari ‘Wangsit’

Sebelum golput, browsing visi-misi Paslon. Cari juga rekam jejak mereka. Kali aja ada yang pas. Jangan golput karena skeptis atau malas cari informasi.

3. Mandi

Mau itu mandi kembang, mandi air tujuh sumur, mandi air panas. Bebas, yang penting datang ke TPU tepat waktu dan dengan pilihan yang mantap.

4. Potong Kuku

Supaya kalau ada bujukan untuk nyoblos dua kali, bisa ditolak. “Yah nggak bisa diilangin nih noda tintanya”. Kan kuku juga sudah pendek nggak bisa potong lagi.

5. Pakai Celana Bola

Berguna agar tidak ada rayuan ‘amplop kotor’ yang ikut nyelip, Celana bola kan nggak ada kantongnya. Hayo, mau nyelipin di mana coba? Kalo cewek sih, bisa juga pake celana training tanpa saku.

6. Pasang Headset

Agar terhindar hasutan dari timses terselubung. Sumpel kuping aja biar pilihan nggak goyah dengan kabar hoax yang beredar.

7. Langkahkan Kaki

Daripada naik motor, jalan aja itu dekat. Itung-itung olahraga 'kan?. Sekalian sapa tetangga. Di tubuh yang sehat, ada jiwa yang sehat juga katanya.

8. Coblos

Oke ini waktunya. Tarik napas baik-baik. Bebaskan pikiran. Jernihkan hati. Setelah itu cus! Sekali aja jangan kebanyakan, ntar nggak sah.

9. Tutup Mulut dan Pulang

Nggak perlu kasih tau siapa yang kamu pilih. Apalagi sampai debat kusir di TPS. Selesai coblos, langsung aja pamit pulang. Mantau pemenang dari rumah.

Siapa pun yang terpilih nanti jadi Kepala Daerah yang baru, tugas dia adalah memberi pelayanan yang baik pada masyarakat. Dan tugas masyarakat adalah mengawasinya agar merealisasikan janjinya semasa kampanye. [][teks & foto @haabib_onta]