}
6 Penyakitnya Orang Indonesia
Trivia

6 Penyakitnya Orang Indonesia

by Pandu
Wed, 05-Apr-2017

Tak bisa disangkal, Indonesia adalah negara multikultural. Yang terisi oleh beragam suku, budaya, bahasa bahkan penyakit. Bahkan untuk satu penyakit aja cara pengobatannya bisa berbeda. Tergantung dari warisan leluhur aja.

Misalnya enam penyakit berikut, disinyalir cuma bisa diidap oleh orang Indonesia. Di luar WNI kemungkinan kecil terjangkit penyakit-penyakit ini.

1. Masuk Angin

Mahasiswa kedokteran sama sekali tidak pernah mata kuliah tentang penyakit ini. Dunia medis menyebut gejala masuk angin sama dengan flu. Tapi kalau orang dulu percaya karena gas dalam tubuh berlebih, jadi perut kembung. Cara mengobatinya dengan kerokan atau pijat.

2. Angin Duduk

Sebenarnya sih kata medis yang pas untuk penyakit ini “Jantung Koroner”. Serangan jantung yang mendadak dan mematikan, tanpa ada tanda tertentu. Tapi orang Indonesia bilang penyebab angin duduk akibat habis begadang terus mandi.

3. Sawan

“Jangan ntar anak gua jadi sawan!” Penyakit yang biasa menyerang balita. Menyebabkan mereka jadi nangis tidak karuan dan suhu badan naik. Ada beragam penyebabnya, misal makanan yang dikonsumsi ibunya sampai yang mistis segala. Bahkan dunia medis belum bisa memberi penjelasan tentang penyakit ini.

4. Latah

Banyak yang meraih popularitas sebagai komedian karena penyakit ini. Nama bekennya sih ekopraksia. Tapi cuma di Indonesia aja, seorang latah bisa meniru spontan apa yang diperintah atau cuma teriak kaget aja. “Ayam.. ayam.. ayam!”

5. Schistosomiasis

Ini penyakit langka yang cuma ada di Indonesia. Terutama wilayah Sulawesi Tengah. Schistosomiasis penyakit menular akibat infeksi dari keong. Menyebabkan pembengkakan perut yang bisa berujung kematian. Belum ada obat untuk penyakit ini. Waspadalah.

6. Kantong Kering

Dari Sabang hingga Merauke, penyakit ini biasa menyerang mahasiswa dan kalangan pekerja. Gejalanya adalah sering makan mie instan dan diam di rumah. Bisa mempengaruhi kepercayaan diri serta tampilan visual. Berhati-hatilah. [][teks @haabib_onta/berbagai sumber | foto wikimedia]