}
Lima Vokalis Yang Tajir Mampus
Trivia

Lima Vokalis Yang Tajir Mampus

by Pandu
Fri, 12-May-2017

Perbedaan mendasar antara industri musik dalam negeri dan internasional adalah soal royalti. Di US atau UK misalnya, pengaturan soal royalty itu jelas. Jadi misalnya satu karya dibawakan dalam panggung komersil ada nilai yang harus terbayarkan.

Jadi nggak heran, misalnya ada penyanyi yang nggak pernah ngeluarin album lagi atau jarang tampil di teve tapi masih bisa hidup glamor. Misalnya aja janda dari Kurt Cobain, Courtney Love yang tinggal menunggu hasil royalty dari karya mendiang suaminya itu. Padahal dianya sendiri nggak pernah popular bersama bandnya.

Belum lagi ditambah kekuatan distribusi album ke seluruh dunia. Kira-kira begitulah matangnya industri di sana, jadi wajar aja kan kalau penyanyi-penyanyi ini, tajir mampus..

5. Mariah Carey

$520 Juta

18 hits single yang ia nyanyikan terus masuk ke tangga musik Billboard. Di antaranya masuk daftar 100 terpanas bahkan. Setiap lagu juga dapat penjualan yang bagus.

4. Madonna

$560 Juta

Ini bukan jumlah yang fix karena masih terus bertambah. Sebab tur “Rebel Heart” tahun lalu menambah dana rekeningnya sebesar $170. Gledek!

3. Bono

$600 Juta

Waw! Bahkan teman-temannya di U2 nggak menyentuh angka 500 juta. Gokil. Bono juga dapat gelar bangsawan dari Inggris lho. Padahal dia orang Irlandia.

2. Gloria Estefan

$600 - $700 Juta

Dia nyanyi, nari, dan akting. Plus bisnis yang mulus. Sempurna! Nggak nyangka kan kalau dia setajir ini? Madonna aja telap.

1. Paul McCartney

$1,1 M

Legenda hidup yang satu ini betul-betul gokil. Ketajiran dihasilkan dari royalti The Beatles yang masih berjalan dan juga konser tunggalnya yang masih padat oleh penonton. Hail to the king! [][teks @haabib_onta | foto squarespace]