}
6 Penemuan Muslim yang Mengubah Dunia
Trivia

6 Penemuan Muslim yang Mengubah Dunia

by Pandu
Mon, 29-May-2017

Di era millennial, segalanya telah terdigitalisasi dalam rentang angka 0 dan 1. Segala penemuan teknologi pun dibuat untuk memudahkan hidup manusia. Tapi tahukah kalian jika itu semua bisa terwujud sebab ada rumus Algoritma yang ditemukan Muhammad ibn Musa Al-Khwarizmi pada abad ke-7?

Beliau adalah ahli matematika yang diakui seluruh dunia. Sebab Algoritma yang ia buat dijadikan pondasi atas perhitungan apapun. Karena tanpa Algoritma, smartphone yang kita pegang sekarang ini belum tentu ada.

Selain Algoritma, masih banyak penemuan lain yang dibuat oleh ilmuwan muslim. Apa saja? Nah kita tengok yuk.

1. Kincir Angin

Rumah yang identik dengan negara Belanda ini sejatinya ditemukan tahun 634 oleh Umar, ilmuwan Persia. Kincir dipakai untuk menyerap air di daerah padang pasir.

2. Crankshaft

Al-Jazari menemukannya tahun 1206 waktu buat pompa air untuk irigasi. Sekarang bahkan di mesin mobil V8 ada crankshaft juga untuk memompa bensin.

3. Teleskop

Taqi ad-Din Muhammad menuliskan cara membuat teleskop di jurnal hariannya. Belum secanggih sekarang. Tapi bisa untuk observasi perubahan bulan dan matahari untuk kalender.

4. Kapal Selam

Ibrahim Efendi, ilmuwan Ottoman menyebutnya “tahtelbahir”. Terinspirasi dari buaya. Tapi cuma bisa menyelam 30 menit, yang lalu disempurnakan oleh Jerman di Perang Dunia II.

5. Kopi

Man Khalid, penggembala domba abad ke-9 yang iseng merebus buah kopi jadi minuman. Hasilnya adalah ramuan anti-ngantuk yang disebut Qehwa. Kedai kopi pertama dibuat di London pun oleh Muslim.

6. VGA Card

Tanpa ini gamer bisa tersiksa sekali dengan visual yang miskin. Berkat Hossein Yassaie terciptalah VGA Card tahun 2000. Ia bahkan diberi gelar kebangsawanan oleh Inggris. [][teks @haabib_onta/berbagai sumber | foto msecnd.net]