}
Mangga Apa Favoritmu?
Trivia

Mangga Apa Favoritmu?

by Sherra
Fri, 02-Jun-2017

Buah mangga ternyata banyak varietasnya. Entah di Indonesia atau di mancanegara. Walaupun bentuk dan warnanya beragam, rasanya tetap satu, enak! Nah ini beberapa di antaranya:

1. Mangga Golek India

foto rumahbuah.com

Mangga satu ini bentuknya khas. Lebih memanjang dari mangga biasanya. Nama golek boleh jadi diambil dari bahasa Jawa yang berarti mencari. Jadi mungkin setelah mencicipinya sekali, kita akan mencarinya lagi dan lagi.

2. Mangga Harumanis

foto rumahbuah.com

Sesuai namanya, mangga ini kualitasnya memang harum dan manis. Ketika matang, warna kulitnya kaan tetap hijau namun lebih tua. Harumanis adalah varietas mangga dari Probolinggo. Ketika matang, pangkalnya berwarna hijau kekuningan.

3. Mangga Manalagi

foto rumahbuah.com

Salah satu mangga jempolan Indonesia ini banyak dibudidayakan di beberapa wilayah, seperti Purbalingga dan Situbondo. Mangga manalagi juga sering dikonsumsi mentah karena rasa asamnya tidak dominan seperti mangga lain.

4. Mangga Endog

foto kaskus

Endog dalam bahasa Jawa berarti telur. Buah ini dikenal karena bentuk dan ukuran buahnya yang relatif kecil seperti telur. Kalau dibandingkan dengan yang lain, aroma dan rasa mangga ini kurang

5. Mangga Apel

foto Alexander Lukas

Sesuai namanya, bentuk mangga ini mirip apel. Mangga ini berasal dari Singapura dan telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Mangga apel ada dua jenis, hijau dan merah. Kulit mangga apel hijau berwarna hijau dan akan menguning saat masak. Rasanya masam. Sedangkan mangga apel merah kulitnya merah kekuningan dan rasanya manis.

6. Mangga Lalijiwo