}
Hewan Cerdas di Sekitar Kita
Trivia

Hewan Cerdas di Sekitar Kita

by Hagi
Mon, 05-Jun-2017

Makhluk cerdas, bukan hanya manusia. Di sekitar kita, ada spesies lain yang juga punya kecerdasan tertentu. Apa saja? Kita simak daftar dari list25.com ini ya.

1. Cumi-cumi - struktur otak mereka berbeda dengan invertebrata lain di laut. Mereka punya fitur kompleks yang mirip otak manusia. Cumi-cumi bisa mempelajari keterampilan baru dan mengembangkan kapasitas untuk menggunakan alat-alat di sekitarnya.

2. Laba-laba - termasuk salah satu makhluk kecil yang memiliki tingkat proporsional intelejensia tinggi. Jenis apa yang paling pintar? Laba-laba Kumis Portia Putih yang tinggal di Afrika, Asia, dan hutan Australia bisa menunjukkan kemampuan belajar khusus.

3. Semut - Meskipun kecil, mereka memiliki kemampuan kreatif untuk berkoordinasi dalam kelompok besar. Mereka sanggup membangun sarang dan berburu makanan, serta beradaptasi di lingkungan sekitar dengan sangat baik.

4. Babun - adalah jenis primata yang memiliki kemampuan kognitif mirip simpanse dan orangutan. Perilaku mereka mirip manusia. Studi menunjukkan, babun menciptakan sistem sosial yang amat kompleks. Mereka bisa mengidentifikasi stres dan mengatasinya.

5. Singa Laut - hewan yang sering muncul di sirkus ini memang beneran pintar lho. Mereka bukan saja bisa mahir berakrobat dengan bola. Singa Laut juga memiliki kemampuan berpikir logis dan menarik deduksi jika a = b dan b = c, maka a = c.

6. Orangutan - kecerdasan primata ini tercermin dari cara mereka menirukan tingkah polah manusia. Mereka bisa menggunakan perkakas seperti gergaji dan palu, serta beradaptasi dengan lingkungan yang keras.

7. Merpati - tak salah jika hewan yang disebut-sebut tak pernah ingkar janji ini acap digunakan sepanjang sejarah di medan perang. Merpati punya kemampuan menginderai geo-lokasi dan mengingat manusia dan tempat-tempat selama hidup mereka.

8. Gagak - selain Merpati, Gagak juga termasuk salah satu burung tercerdas di dunia. Mereka mampu memecahkan masalah rumit. Mereka juga bisa beradaptas dengan situasi sulit, tercermin dari cara mereka mengumpulkan makanan dan sumber daya lainnya.

9. Domba - dari semua hewan, domba diyakini memiliki memori paling kuat, bahkan bisa mengingat lebih baik daripada manusia. Domba bisa menunjukkan berbagai emosi dan respon terhadap berbagai hal yang terjadi di sekitar mereka.

10. Rakun - memang dikenal banyak akal. Hewan ini mampu membentuk hubungan sosial yang kompleks. Para Rakun juga diketahui mampu menggunakan alat-alat yang rumit saat memecahkan masalah di keseharian mereka.

11. Kuda - acap punya tempat khusus di hati manusia, bukan hanya sebagai hewan tunggangan, tetapi juga bisa dilatih untuk melakukan sesuatu. Kuda memiliki memori yang baik dan mampu merespon perintah rumit dengan cepat di bawah tekanan.

12. Monyet Rhesus - diketahui memiliki kecenderungan untuk menunjukkan keinginan bunuh diri. Mereka juga membuat rencana menyerang secara berkelompok. Jika tak cerdas, mana mungkin Monyet Rhesus melakukan itu semua?

13. Alap-alap - sebagai pemburu lihai, Alap-alap juga acap dimanfaatkan seperti Merpati, untuk menyampaikan pesan dan melakukan pengintaian. Alap-alap juga punya kemampuan untuk mengikuti perintah dan mengingat detail wilayah dengan baik.

14. Tikus Besar - para penghuni got dan selokan ini sering diremehkan punya kapasitas mental yang bagus. Padahal, mereka cukup cerdas, memiliki ingatan jangka panjang yang sangat baik, dan mampu beradaptasi dengan perubahan situasi.

15. Burung Hantu - sejak zaman Yunani Kuno, burung ini sudah identik dengan intelegensia yang tinggi. Mereka dianggap sebagai ikon kebijaksanaan. Tapi faktanya, mereka nggak benar-benar terlalu cerdas. Jika hewan ini dicoret dari daftar, tentu bangunan kepercayaan kita akan runtuh. Ah, sudah lah.

16. Kucing - semua pencinta hewan ini pasti tahu bahwa kucing amat lincah dan terampil berburu mangsa. Kucing memiliki kemampuan sensorik yang luar biasa. Meski tak sepintar Anjing saat dilatih, Kucing mahir belajar keterampilan baru.

17. Tupai - tubuh mereka memang kecil, tapi jangan remehkan kemampuan otak hewan pengerat yang bersarang di pohon ini. Yeah, kecerdasan mereka difokuskan ke satu tujuan: mengumpulkan makanan. Tupai selalu ingat tempat mereka menyembunyikan makanannya.

18. Gajah - Dibandingkan hewan lainnya, Gajah jelas punya volume otak yang lebih besar. Untungnya, otak besar Gajah juga menyimpan potensi besar. Mereka memproses interaksi sosial yang kompleks termasuk berempati. Jangan pernah bikin masalah, karena Gajah tak pernah lupa.

19. Gurita - di kalangan invertebrata, Gurita adalah makhluk paling cerdas. Mereka amat terampil berburu dan mampu menggunakan perkakas. Gurita bisa menyusun strategi untuk menemukan makanan. Mereka juga terbukti mampu memecahkan sejumlah masalah yang sangat rumit.

20. Anjing - meskipun tingkat kecerdasan di antara jenis mereka berbeda, tetapi para Anjing menunjukkan kemampuan belajar yang amat tinggi. Anjing memiliki kapasitas kecerdasan emosi yang tinggi, mudah dan cepat saat dilatih, dan tidak salah jika disebut sebagai sahabat terbaik manusia.

21. Paus - mamalia laut ini acap menggunakan kemampuan suara kompleks untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Paus juga mampu mengkoordinasikan kegiatan mereka di antara kelompok dan dikenal sebagai pemecah masalah yang tangguh.

22. Beo - meski kepandaian mereka berbicara adalah mimikri murni dari menirukan suara atau bebunyian, Beo tetap dianggap punya memori yang baik. Selain itu, Beo, seperti rombongan hewan di daftar ini, juga mampu memecahkan masalah yang terbilang kompleks.

23. Lumba-lumba Hidung Botol - dibandingkan dengan massa tubuhnya, rasio otak Lumba-lumba Hidung Botol adalah yang terbesar di kerajaan hewan. Mereka memiliki kemampuan komunikasi yang canggih, dan punya kesadaran diri saat mengenali diri di depan cermin.

24. Babi - menurut penelitian, babi dewasa bisa menyamai kecerdasan manusia berusia tiga tahun. Babi bisa beradaptasi dengan situasi yang kompleks karena memiliki kemampuan mempelajari keterampilan baru dengan mudah. Ngeri!

25. Simpanse - selain dianggap paling terlihat seperti manusia, mereka juga mampu berpikir seperti kita. Simpanse dapat memanipulasi lingkungan dan menggunakan perkakas untuk menyelesaikan tugas. Mereka primata sekaligus hewan paling cerdas. [][teks @evaevilia666/list25.com | foto ddraw/freepik]