}
12 Olympians, Dewa-Dewi Bangsa Yunani
Trivia

12 Olympians, Dewa-Dewi Bangsa Yunani

by Yogira
Wed, 20-May-2015

Menurut kepercayaan bangsa Yunani, alkisah para Titan dikalahkan oleh putra mereka, para dewa  Olympus, yang hingga kini dianggap dewa termashur dalam sejarah Yunani.

Ada 12 dewa Olympus yang bertahta dan berhasil menghilangkan kekacauan [chaos] di bumi. Berikut adalah 12 dewa Olympus yang terkenal:

  1. Zeus - adalah raja para dewa yang bersenjatakan halilintar. Zeus membagi dunia dengan 2 saudaranya, Poseidon yang menguasai lautan dan Hades yang menguasai alam kematian.
  2. Hera - istri dan saudara Zeus. Di adalah para dewa sekaligus pelindung perkawinan dan keluarga. Hera digambarkan pencemburu dan suka membalas dendam terhadap para kekasih Zeus.
  3. Poseidon - sang penguasa lautan, badai dan gempa bumi dengan simbol tombak trisula. Seperti lautan yang suka berubah-ubah, Poseidon digambarkan sebagai seseorang yang tempramental.
  4. Ares - dewa perang, kekejaman dan pertumpahan darah. Dewa-dewa lainnya membeci dirinya kecuali Aphrodite yang mencintainya.
  5. Hermes - dewa pengirim berita, perniagaan, olahraga, dan pencuri. Digambarkan selalu bergerak cepat dengan menggunakan sendal dan topi bersayapnya. 
  6. Hephaestus - dewa buruk rupa berkaki pincang yang juga suami Aphrodite. Penguasa api dan dewa pandai besi yang menciptakan halilintar untuk Zeus, baju zirah Athena dan senjata para dewa lainnya.
  7. Aphrodite - dewi cinta dan kecantikan, istri Hephaestus dan juga kekasih Ares.
  8. Athena, dewi kebijakasanaan, kecerdasan, literatur, kerajinan tangan dan perang strategis. Dikatakan Athena terlahir dari kepala Zeus lengkap dengan memakai baju zirahnya.
  9. Apollo - dewa cahaya, ramalan,inspirasi, sajak, musik, seni, dan pengobatan. Anak dari Zeus dan Leto, kembaran Artemis.
  10. Artemis - dewi pemanah kembaran Apollo, pelindung para pemburu dan semua binatang.
  11. Demeter - sang dewi kesuburan, musim, pertanian dan alam. Demeter mengajarkan manusia cara bercocok tanam. Demeter digambarkan sebagai wanita dengan untaian bulir-bulir padi pada rambutnya.
  12. Dyonisus - sang dewa wine, pesta, kesenangan dan pelindung teater. Dyonisus adalah dewa termuda dan satu-satunya yang mempunyai ibu manusia. Ayahnya adalah Zeus, sedangkan ibunya Semele, seorang putri Theban. [][teks @dd_sarwono/berbagai sumber | foto haikudeck.com & imgkid.com]