}
Jenis Ikan Laut
Trivia

Jenis Ikan Laut

by Hagi
Wed, 11-Oct-2017

Berdasarkan lokasi hidupnya, ikan laut di perairan Indonesia dikelompokkan menjadi ikan pelagis dan ikan demersal.

Ikan Pelagis adalah klasifikasi ikan laut yang hidup di kedalaman 0 – 200 meter. Ikan pelagis memiliki kebiasaan hidup membentuk koloni untuk bermigrasi dan mencari makan bahkan bertelur. Berdasarkan ukurannya, ikan pelagis dibedakan menjadi dua yaitu ikan pelagis besar dan ikan pelagis kecil. Contoh ikan pelagis besar: tuna, marlin, tenggiri. Dan contoh ikan pelagis kecil: tongkol dan lemuru/sardin.

Sementara Ikan Demersal adalah ikan yang melangsungkan kehidupannya di dasar laut, baik untuk mencari makan atau bertelur. Berbeda dengan ikan pelagis, lingkungan tempat tinggal ikan demersal umumnya berupa lumpur, pasir, dan bebatuan. Contoh ikan demersal: kakap, kerapu, bawal, dan halibut.

1. Tuna

foto rejekinomplok.net

Daging tuna berwarna merah muda sampai merah tua karena otot tuna banyak mengandung myoglobin. Myoglobin adalah komponen dalam darah yang menyimpan oksigen, yang sangat bermanfaat untuk tubuh ikan.

2. Marlin

foto tipsikan.blogspot.com

Hidup di daerah yang bersuhu tropis dengan panjang mencapai 4,5 meter dan berat 540 kg. Ikan ini termasuk ikan perenang cepat, dan tergolong ikan pemakan daging atau karnivora.

3. Tenggiri

foto tipsjituteknikmemancing.blogspot.com

Merupakan ikaln pelagis yang kerap berenang bergerombol dalam kelompok kecil tidak jauh dari pantai. Tubuh tenggiri memanjang memipih lumayan kuat pada sisi-sisinya, tidak bersisik kecuali pada gurat sisinya. Moncong tenggiri meruncing dengan mulut lebar dan gigi-gigi tajam dan kuat di rahang atas dan bawah. Spesies terbesar dapat mencapai panjang 220 cm meski kebanyakan kurang dari 1 m saja.

4. Tongkol

foto siamfishing.com

Berukuran sedang, panjang maksimum sekitar 100 cm. Ikan ini bersifat epipelagis. Tongkol hidup menjelajahi perairan-perairan terbuka bersuhu 180 – 290 C secara bergerombol.

5. Lemuru/Sardin

foto resep-makanenak.blogspot.com

Berukuran kecil dan ramping, panjang tubuh sekitar 15 cm atau kurang, tapi ada juga yang lebih dari 20 cm. Ikan ini sering ditemukan berenang dalam kelompok besar dekat permukaan laut tidak jauh dari pantai. Lemuru memangsa plankton. Daging ikan ini cepat membusuk sehingga banyak dibuat menjadi ikan olahan.

6. Kakap Merah

foto saltwatersportsman.com

Berbadan bulat memanjang dengan sirip punggung mencapai 20 cm, umumnya berukuran 25-100cm. Tubuh kakap gepeng, batang sirip ekor lebar, mulut lebar, sedikit serong, dengan gigi-gigi halus. Kakap termasuk ikan buas. Makanannya ikan-ikan kecil dan udang-udangan, hidup di perairan pantai dan muara sungai.

7. Kerapu

foto iftfishing.com

Merupakan salah satu komoditi berharga dari perairan Indonesia. Ikan ini biasanya tinggal di antara bebatuan karang dan mempunyai daging yang sangat lembut. Ikan kerapu berbentuk pipih, lebar tubuh lebih kecil daripada panjang dan tinggi tubuh. Rahang atas dan bawah dilengkapi gigi yang tajam dan kuat. Mulut lebar, serong ke atas. Bibir bawah sedikit menonjol melebihi bibir atas. Ikan kerapu merupakan jenis ikan bertipe hemaphrodite protogini, yang memulai siklus hidup sebagai betina kemudian berubah menjadi jantan.

8. Bawal

foto csronereporting.com

Sering disebut sebagai ikan dorang, memiliki ciri tubuh yang berbentuk lonjong oval dan melebar. Bawal tak memiliki sirip pada perut dan duri di bagian tengah. Bagian punggung depan memiliki sirip berduri tajam 5 hingga 10 buah. Bawal berwarna ungu keabu-abuan pada punggungnya dan berwarna putih perak berkelip pada bagian perutnya.

9. Halibut

foto sahabatnesia.com

Atau acap disebut ikan sebelah, bertubuh pipih dengan kedua mata berada pada salah satu sisi tubuh. Kedua mata dapat bergerak ke arah berlainan, sehingga mereka memiliki bidang pandang yang lebih luas. Kulit halibut memiliki sel pengubah warna, untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar, seperti menjadi gelap atau sebaliknya. Dikenal sebagai salah satu jenis flatfish yang dapat mencapai ukuran 3 meter. [][teks @evaevilia666/berbagai sumber | foto sciencedaily.com, courtesy of Carey Chen/fineartamerica]