}
Inilah Manusia Setengah Dewa
Trivia

Inilah Manusia Setengah Dewa

by Yogira
Thu, 21-May-2015

Manusia Setengah Dewa bukan cuma judul lagu ciptaan Iwan Fals. Jauh sebelum Iwan Fals lahir dan berkarya, manusia setengah dewa sudah dipercaya ada oleh bangsa Yunani.

Alkisah di Yunani, ketika para dewa di Olympus berkuasa, kadang mereka merasa bosan dengan sesamanya dan akhirnya iseng dengan manusia. Dari situlah munculnya demigods--- sebutan untuk manusia setengah dewa. Berikut para demigods yang terkenal:

Herakles atau Hercules, anak Zeus dan Alcmene. Hercules mempunyai kekuatan luar biasa. Kisah kepahlawanannya yang legendaris disebut sebagai “12 Tugas Hercules”.

Thesseus adalah anak Aethra dan dua ayah, Aeugus dan Dewa Poseidon. Salah satu petualangannya yang terkenal adalah pertarungannya dengan Minotaur, manusia berkepala banteng dalam labirin di Crete.

Perseus adalah anak Zeus dan Danae. Perseus terkenal karena berhasil mengalahkan Medusa, sang Gorgon berambut ular yang pandangan matanya bisa mengubah manusia menjadi batu.

Achilles mempunyai ibu, Nereid yang setengah dewa. Achilles kebal dari senjata apapun karena badannya yang dicelupkan ke Sungai Styx sewaktu bayi, kecuali bagian tumit kaki yang jadi kelemahannya.

Hyppolyta, anak Ares sang dewa perang. Hyppolyta mempunyai ikat pinggang ajaib pemberian ayahnya, Ares yang juga menjadi simbol ke-ratu-annya atas bangsa Amazon yang seluruhnya perempuan.

Bellerophon putra Poseidon yang terkenal karena petualangannya menangkap sang kuda bersayap Pegasus dan mengalahkan Chimera, monster yang berkepala singa, berbadan kambing, dan berekor ular.

Asclepius anak Apollo. Asclepius sejak bayi dititipkan ke Chiron sang Centaur [manusia setengah kuda] untuk belajar pengobatan. Suatu hari seekor ular membisikkan rahasia yang membuatnya bisa membangkitkan orang mati.

Romulus dan Remus adalah anak kembar Mars. Mereka dibuang di sungai setelah ibunya bernama Rhea melahirkan sampai ditemukan dan dipelihara oleh seekor srigala. Romulus nantinya membangun kota Roma yang menjadi kekaisaran Romawi.

Dyonisus, salah satu dari 12 dewa Olympian yang tadinya setengah dewa, anak Zeus dan Semele, seorang putri dari Theban. Dyonisus adalah dewa wine, pesta, kesenangan, dan pelindung teater. [][teks @dd_sarwono/berbagai sumber | foto en.wikipedia.org/ thinglink.com]