}
Mr. Trash Wheel Si Pemakan Sampah
Trivia

Mr. Trash Wheel Si Pemakan Sampah

by Andiska
Wed, 18-Apr-2018

Biarpun sudah ada himbauan “Jangan buang sampah ke sungai”, pasti tetap ada saja sampah-sampah yang mengapung, hingga nantinya berkumpul di pinggiran-pinggiran sungai atau pintu air. Hal seperti ini adalah masalah yang juga sedang dialami negara kita.

Nah, di Maryland, Amerika Serikat, sampah-sampah limbah dari aliran Sungai Jones yang bermuara di Pelabuhan Baltimore sudah berhasil ditangani oleh Mr. Trash Wheel.

Tadinya, semua warga resah dengan sampah yang terus menumpuk setiap harinya, sampai akhirnya Kemitraan Waterfront Baltimore berinisiatif untuk membuat "Si Pemakan Sampah" ini. 

Mr. Trash Wheel memang khusus dirancang untuk membersihkan sampah yang terbawa oleh aliran sungai dan masuk ke pelabuhan. Pembuatnya bernama John Kellett dan Daniel Chase dari Clearwater Mills. Inovasi kincir air yang dapat mengatasi masalah sampah aliran Sungai Jones ini sudah membersihkan lebih dari 680 ton sampah sejak Mei 2014 lho Commuters. 

Selain memakan sampah, Mr. Trash Wheel juga didukung panel surya yang bisa membangkitkan tenaga listrik sebesar 2.500 watt, atau kira-kira sama dengan kebutuhan satu rumahtangga per hari di Maryland. Kabarnya, pihak Healthy Harbor Living Laboratory ingin membuat perairan pelabuhan dapat direnangi pada tahun 2020. Kesuksesannya yang lain juga bisa kamu pantau lewat twitternya Mr. Trash Wheel.

Kini, kecanggihan Mr. Trash Wheel banyak dilirik lho Commuters. Buktinya, pemerintah Singapura, Rio de Janeiro, dan sekitar 30 kota di Amerika Serikat termasuk Philadelphia dan Honolulu telah menghubungi kota Baltimore untuk mempelajari water wheel pembersih sampah tersebut. Kira-kira, indonesia bakalan nyusul juga nggak ya, Commuters? [][teks @andiskaraf/pbs.org | foto atlasobscura.com]