}
Pesawat Tempur Terlaris di Perang Dunia II
Trivia

Pesawat Tempur Terlaris di Perang Dunia II

by Yogira
Thu, 04-Jun-2015

Pesawat Tempur nggak henti-hentinya bikin kita kagum, bahkan sejak adanya pesawat baling-baling pada era Perang Dunia II. Nah, berikut adalah beberapa pesaawat tempur yang paling laris pada masa itu.

Hawker Hurricane – 14.533 unit

Inilah pesawat tempur single seater milik British Royal Airforce. Hawker  menyumbangkan 60% dari kemenangan Inggris di pertempuran udara.

Junkers JU-88 – 15.000 unit

Ini adalah pesawat tempur multi-fungsi Jerman. Twin Engine-nya membuatnya dijuluki “Schnellbomber” alias pembom cepat. Junkers sudah menjatuhkan bomnya sebelum lawan siap.

North American P-151 Mustang – 15.875 unit

Pesawat tempur bomber single seater untuk penerbangan jarak jauh buatan Amerika Serikat. Pesawat ini masih jadi andalan beberapa angkatan udara sampai era PD II berakhir.

Republic P-47 Thunderbolt – 16.231 unit

Thunderbolt adalah pesawat tempur terbesar dan terberat dengan daya angkut yang tak kalah besar juga. Pesawat ini mampu mengangkut bom yang berbobot ½ dari kapasitas bomber B17!

Consolidated B-24 Liberator – 18.682 unit

Liberator adalah sebuah Heavy Bomber. Banyak dipakai oleh negara-negara sekutu Ameika Serikat pada PD II dan berjasa memenangkan pertempuran di Eropa Barat, Mediterania dan lainnya.

Supermarine Spitfire – 20.351 unit

Spitfire adalah pesawat tempur Inggris berkursi tunggal yang banyak dipakai Royal Air Force dan negara-negara sekutunya selama PD II. Hingga kini masih ada 53 unit Spitfire yang layak terbang.

Focke-Wulf Fw190 – 29.001 unit

Pesawat yang mempunyai nickname Würger atau Shrike ini dimotori oleh mesin sejajar keluaran BMW yang kuat sehingga tangguh sebagai pesawat fighter, bomber, maupun ground attack.

Messerschmitt Bf109 – 30.480 unit

Boleh dibilang pesawat tempur modern Jerman pertama dengan konstruksi monocoque dan kanopi tertutup. Bersama FW190 mereka memperkuat armada  “Luftwffe’s Jagdwaffe” [Kekuatan Tempur].

Yakolev Yak-3 – 31,000 unit

Pesawat buatan Uni Soviet ini mudah dikendalikan dan mudah perawatannya. Beberapa pilot mengatakan pesawat ini bahkan lebih baik daripada P-51 Mustang dan Supermarine Spitfire.

Ilyusin Il-2 Sturmovik – 36.183 unit

Pesawat jenis ground attack buatan Uni Soviet ini adalah pesawat tempur yang paling banyak diproduksi dalam sejarah, apalagi jika jumlahnya digabungkan tipe pendahulunya Il-10 sehingga menjadi 42.330 unit!

Honorable Mention: Mitsubishi Ki-51 Guntei – 2.385 unit

Emang pesawat ini nggak setenar lainnya tapi punya peran dalam sejarah Indonesia pada masa Agresi Militer Belanda I. Pesawat peninggalan Jepang ini diterbangkan oleh kadet Mulyono 24 Juli ’47 untuk menyerang tangsi Belanda i Salatiga dan Ambarawa. [][teks @dd_sarwono/kickassfact.com | foto ww2remembered.com/kickassfact.com]