}
Seluk Beluk Sertifikasi ISO
Trivia

Seluk Beluk Sertifikasi ISO

by Sherra
Fri, 05-Jun-2015

Pernah dengar soal sertifikasi ISO? Istilah ini seringkali terdengar dalam dunia bisnis. Sebenarnya apa sih sertifikasi ISO? Apa manfaatnya? Dan mengapa sertifikasi ini begitu penting untuk perusahaan? Kita bahas yuk!

Apa itu ISO?

Organisasi Standar Internasional [ISO] adalah suatu organisasi di luar pemerintahan [Non-Government Organization/NGO] yang terdiri dari badan-badan standardisasi nasional yang beranggotakan tidak kurang dari 140 negara.  

ISO dibentuk pada 23 Februari 1947 untuk menetapkan standar-standar industrial yang kemudian dipublikasikan sebagai standar internasional.

Semula ISO dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional seperti standar di bidang informasi dan telekomunikasi, tekstil, pengemasan, distribusi barang, pembangkit energi dan pemanfaatannya, pembuatan kapal, perbankan dan jasa keuangan, dan masih banyak lagi. ISO juga bekerja sama dengan Komisi Elektroteknik Internasional [IEC] yang bertanggung jawab terhadap standardisasi peralatan elektronik.

Mengapa begitu penting untuk perusahaan?

Nah, perusahaan yang memenuhi sertifikasi ISO memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta kepercayaan konsumen akan brand terkait.

Apa aja manfaat ISO?

  • Membantu perdagangan internasional
  • Membantu pengembangan kerjasama secara global di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan kegiatan ekonomi.
  • Mengukur mutu organisasi.
  • Meningkatkan kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global. 
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan. 
  • Meningkatkan sistem manajemen mutu perusahaan.
  • Adanya jaminan kualitas dengan standar internasional untuk perusahaan.
  • Mengoptimalkan kinerja karyawan.
  • Meningkatkan image perusahaan
  • Jaminan atas kualitas dengan standar internasional.

Di dalam standarnya, ISO terbagi menjadi beberapa jenis, seperti:

ISO 9001 [Quality Management System]

Sertifikasi yang berhubungan dengan layanan pelanggan dan standar manajemen mutu. Jadi, suatu organisasi harus menunjukkan kemampuan untuk memenuhi atau melampaui kepuasan pelanggan dalam hal fungsi produk, kualitas, dan kinerja.

ISO 14001 [Environmental Management System]

Sebuah organisasi atau bisnis yang memiliki standar ini berarti telah mendedikasikan sistem manajemennya berdasarkan kesadaran lingkungan. Dalam hal ini bukan hanya pengelolaan terhadap limbah atau polusi, namun juga termasuk upaya-upaya kreatif untuk menghemat pemakaian energi, air dan bahan bakar.

ISO 22000 [Food Safety Management System]

Standar ini merupakan bukti kelayakan suatu perusahaan makanan atau minuman yang dituntut untuk memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan pelanggannya. Standar ini fokus terhadap pengendalian dalam sistem dan proses produksi produk makanan dan minuman.

OHSAS 18001 [Safety and Health Management System]

Ini adalah sertifikasi untuk  pengendalian operasional proses yang aman bagi pekerja. Banyak proses industri yang berdampak negatif terhadap keselamatan dan kesehatan pekerjanya seperti industri bahan kimia, jasa konstruksi, plastik, besi baja, dsb. Nah, oleh karena itu, OHSAS 18001 diadopsi dalam perusahaan.

ISO/IEC 27001 [Information Security Management System]

Ini adalah sertifikasi untuk standar sistem manajemen keamanan informasi atau dikenal juga dengan Information Security Management System (ISMS). ISO/IEC 27001 sekarang ini telah banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan yang banyak menggunakan aplikasi IT dalam kegiatan bisnisnya.

ISO/TS 16949 [Quality Management System – particular to Automotive Industry]

Ini merupakan standar Technical Specification yang dikeluarkan oleh ISO sebagai sistem manajemen mutu untuk industri otomotif. Standar yang dikeluarkan mempunyai konsep perbaikan berkesinambungan, pengendalian terhadap rantai pasok, tindakan perbaikan dan pencegahan.

ISO/IEC 17025

Ini adalah suatu standar yang berisi persyaratan untuk diterapkan oleh suatu lembaga pengujian atau laboratorium. Standar ini berguna untuk memastikan validitas dan akurasi hasil pengujian misalnya dalam bidang kesehatan, perdagangan, produksi sampai upaya perlindungan pelanggan.

ISO 28000

Standar ini adalah persyaratan terhadap sistem keamanan distribusi bahan baku. Standar ini diterapkan terutama untuk perusahaan-perusahaan yang mempunyai ancaman risiko keamanan relatif tinggi misalnya suatu fasilitas umum, bank, logistik, hotel, sampai kilang minyak atau sarana vital lainnya.

ISO 50001

Sertifikai ini berguna untuk sistem manajemen energi. Standar tersebut bertujuan membantu organisasi dalam membangun sistem dan proses untuk meningkatkan kinerja, efisiensi, dan konsumsi energi. ISO 50001 juga dirancang agar dapat berkesinambungan dengan standar manajemen lain, terutama ISO 14001 [Sistem Manajemen Lingkungan] dan ISO 9001 [Sistem Manajemen Mutu].

Nah, itulah di balik pentingnya ISO dan beberapa jenis ISO di perusahaan. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]