}
Apa Benar Beracun?
Trivia

Apa Benar Beracun?

by Sherra
Mon, 08-Jun-2015

Janganlah menilai orang dari penampilannya. Hummmm, bukan cuma untuk orang kok, peringatan tersebut juga berlaku untuk tumbuhan, yang bisa jadi kamu tanam di rumah. Jangankan tumbuhan liar, tumbuhan yang ditanam pun bisa membunuhmu. Mungkin kamu nggak akan makan begitu aja tanaman di rumah, tapi gimana kalau ada anak-anak nggak ngerti dan makan  yang mereka lihat?


Berikut ini adalah beberapa tumbuhan yang bisa membunuh dengan racun.

10. Pohon Rhododendron

Di balik keindahannya, kerabat dekat tanaman Azalea ini mengandung racun grayanotoxin yang berbahaya bagi binatang dan manusia. Racun yang terdapat pada daunnya  bisa mengakibatkan halusinasi. Selain itu, Rhododendron ini mengandung andromedatoxin yang bisa menimbulkan beberapa rasa sakit, seperti: lesu, depresi, mual dan muntah, kelumpuhan progresif, koma, dan akhirnya kematian. Hati-hati, racunnya terdapat pada daunnya.



9. Poison Ivy

Inilah salah satu tanaman beracun dari Amerika Utara yang terkenal dengan produksi urushiol, yakni senyawa cairan bening dalam getahnya. Urushiol bisa mengakibatkan ruam gatal, iritasi, dan efek terbakar.


8. Horsenettle

Tanaman ini menghasilkan buah yang mirip dengan tomat. Masih bersaudara jauh dengan Nightshade, Horsenettle mengandung solanin alkaloid yang bisa menganggu peredaran darah, pernafasan, dan nyeri pada perut. Nah, Kalo kamu sedang berada di hutan, lebih baik jangan mengonsumsi buah ini. 



7. Ceri Liar

Walaupun buahnya dapat dikonsumsi, pohon ceri ternyata beracun! Ya, ketika daunnya mulai layu, pohon ceri menghasilkan sianida. Tak heran,  binatang yang suka makan daun ini lebih berisiko keracunan.

 

6. Castor Beans [biji katsuri]

Castor bean atau biji kasturi mengandung racun yang sangat berbahaya bagi manusia. Racun ini disebut ricin. Walaupun minyak jarak digunakan sebagai bahan tambahan makanan dalam permen dan coklat, ternyata racun tersebut tidak bercampur saat ekstraksi minyak. Itulah alasannya kita tidak pernah keracunan dengan minyak jarak.


5. Oleander

Tanaman ini memang cantik, tapi satu daun saja dapat berdampak kematian pada orang dewasa. Keracunan yang fatal bisa disebabkan oleh kontak dengan rantingnya, bunga, dan buahnya. Seluruh bagian tanaman mengandung sejumlah jenis racun, termasuk nerioside, oleandroside, saponins, and cardiac glycosides. Sekali menginfeksi, oleander secara simultan menyerang sistem kesadaran, sistem syaraf jantung, dan sistem pencernaan.


4. Rosary Pea [Kacang Polong Rosary]

Rosary pea adalah salah satu tanaman yang paling berbahaya di dunia. Bijinya mengandung lectin yang disebut abrin. Biji kacang polong rosari terdiri dari dua jenis, yakni yang berbiji putih dan berbiji merah hitam. Setelah masuk dalam tubuh, abrin dapat menimbulkan demam, mual, mengeluarkan busa, disfungsi gula darah, juga kejang-kejang, lalu menyerang ginjal, kamdung kemih, pendarahan retina, dan luka dalam yang menyebar.


3. Virginia Creeper

Mirip dengan poison ivy yang memiliki 5 lembar daun dalam satu tangkai. Tapi virginia creeper memiliki 3 lembar daun dalam satu tangkai. Tanaman ini membuat ruam di kulit. Bahayanya lagi, buah beri ungu sangatlah beracun dan jadi penyebab kematian.


2. Choke Cherry atau Pokeberries

Chokecherry, atau cherry liar adalah tanaman khas Amerika Utara. Buahnya kecil dan tidak bisa dimakan. Batang kayu tanaman ini dan daun-daunnya penuh dengan hydrocyanic acid, yang berakibat fatal jika dikonsumsi. Racunnya menginfeksi sistem pernapasan dan mengakibatkan sesak napas seperti tercekik.

 

1. Nightshade atau Belladonna

Tanaman ini juga dikenal sebagai cherry setan, cherry hitam, great morel, dan belladona, Semua bagian nightsade beracun dan mengandung atropine dan alkaloid yang mematikan. Orang yang terinfeksi sedikit saja akan segera kehilangan suara, diikuti dengan masalah pernapasan dan kejang-kejang. Tanaman ini menggoda perhatian karena buahnya yang sangat manis dan menarik hati anak-anak. Anehnya, kuda, burung, domba, dan babi seperti kebal terhadap efek racun nightsade ini.