}
5 Kota Mati Akibat Penambangan
Trivia

5 Kota Mati Akibat Penambangan

by Pandu
Tue, 09-Jun-2015

Roda waktu  berputar. Kadang di atas. Kadang di bawah. Hukum ini tidak cuma berlaku pada manusia, tapi juga pada nasib tempat manusia bernaung.

Ini adalah 6 kota mati yang ditinggal habis penduduknya akibat aktivitas penambangan.

1. Tkvarcheli, Republik Abkhazia

Tahun 1940, kota ini adalah penyokong batu bara untuk Uni Soviet. Tapi sejak runtuhnya Uni Soviet akibat perang saudara, kota ini mulai ditinggalkan karena tidak ada lagi yang bisa digarap.

2. Hashima Island, Japan

Tahun 1959, Hashima adalah pulau terpadat di dunia. Luas pulau ini cuma 16 akre, penghuninya 5,259 orang. Produksi utama Hashima adalah tambang batu bara. Tapi senjak penambangan ditutup tahun 1974, pulau ini jadi kosong ditinggal seperti habis kena bom nuklir.

3. Kitsault, Canada

Ada 100 rumah, 200 apartemen, rumah sakit, mall, dan bank. Cuma satu unsur penting dari yang hilang, yaitu manusia. Sejak penambangan ditutup tahun 1983, kota ini menjadi mati.

4. Doel, Belgium

Doel sebenarnya telah berumur 700 tahun dan jadi pusat pemukiman. Karena pembangunan reaktor nuklir di pelabuhan, kota ini mulai ditinggalkan. Tahun 2014 di sini terjadi insiden over-heat pada turbin.

5. Salton Riviera, US

Kota ini ibarat terkena kiamat. Akibat pengembangan yang tidak ramah lingkungan, air danau menjadi amat asin. Akibatnya, semua ikan mati. Kehilangan pasokan air layak, kota ini lalu ditinggalkan. [][teks @HaabibOnta | foto gricha/greenlifesocial]