}
Apa Tipikal Temperamen Kamu?
Trivia

Apa Tipikal Temperamen Kamu?

by Yogira
Wed, 10-Jun-2015

Ada 4 tipikal dasar temperamen orang, yaitu Melankolis, Sangunis, Flegmatis, dan Koleris. Pastinya, kamu punya salah satu temperamen itu.

Keempat tipikal temperamen itu ditemukan filsuf Immanuel Kant, berdasarkan teorinya yang mencakup dua tipikal psikis manusia, yakni tipe perasaan dan kegiatan. Teori Kant ini dipengaruhi teori dari filsuf sebelumnya, yakni Hipocrates dan Galenus. Teori Kant soal psikologi manusia ini terus berkembang hingga sekarang dan sangat membantu masalah-masalah kepribadian manusia dan lingkungan sosialnya.

Empat tipikal ini: Melankolis, Sangunis, Flegmatis, dan Koleris terkadang disalahartikan sebagai karakter manusia. Padahal, istilah karakter dan temperamen itu berbeda artinya. Kalau karakter bisa dibentuk, sedangkan temperamen merupakan bawaaan sejak lahir.

Jadi, Melankolis, Sanguinis, Flegmatus, dan Koleris lebih tepat disebut temperamen. Mungkin kamu belum tahu dan bertanya, Apa sih bedanya empat tipe temperamen itu? Kamu masuknya temperamen apa? Yuk, kita bahas satu per satu..

Melankolis

Kamu yang bertemperamen melankolis cenderung punya sifat-sfat dasar pemurung, nggak mau ikut campur urusan orang lain, suka mengkhayal, gampang kecewa, dan daya juang kurang atau pesimistis. Kamu pun kurang percaya diri kalau menghadapi sesuatu. Kamu sangat  hati-hati jika mau memecahkan soal, dan selalu curiga pada orang lain. Meski begitu, kamu jarang membuat janji karena takut tidak menepati janji. kamu cenderung sensitif dan selalu membawa-bawa perasaan jika ada sesuatu yang merisaukan jiwa.

Sanguinis

Temperamen Sangunis kebalikan dari Melankolis. Sanguninis punya sifat-sfat dasar periang, suka tertawa dan gembira. Tapi mudah berganti haluan alias suka plin-plan. Kamu yang cenderung bertemperamen sanguinis sering tidak menepati janji dan selalu menganggap penting sesuatu yang baru ditemui. Kamu lebih senang hal-hal yang berbau hiburan dan menyenangkan jiwa. Jadi, kamu biasanya kurang serius kalau menghadapi sesuatu. Tapi kamu supel dan ramah pada setiap orang dan suka bergaul. Kamu pun senang menolong orang lain yang sedang kesulitan.

Flegmatis

Kamu orangnya kalem, tenang, dan nggak gampang terpengaruh? Kayaknya kamu termasuk flegmatis. Kamu juga termasuk orang yang setia pada apapun yang  dianggap penting dan berarti. Tapi Kamu seringkali masa bodoh dengan hal-hal di sekelilingmu. Kamu pun kurang peka pada masalah yang dihadapi.

Koleris


Ada beberapa ciri orang tergolong bertemparemen koleris. Contohnya, jika kamu orangnya bersemangat tinggi, optimis, tapi mudah marah dan kasar. Kamu pun sering bertindak cepat dan buru-buru kalau mengerjakan sesuatu, Kamu cepat marah, tapi cepat juga reda. Kamu lebih senang dihormati, dan dipuji-puji. Anda lebih suka memimpin ketimbang dipimpin. Tapi Anda suka bermurah hati dan senang melindungi orang.

So, kamu termasuk temparemen yang mana? Semoga ada manfaatnya juga ya kalo buat kenalan dan temenan sama orang. [][teks @firza/berbagai sumber | foto berbagai sumber]