}
10 Buku Berbahaya
Trivia

10 Buku Berbahaya

by Yogira
Wed, 17-Jun-2015

Nggak semua buku itu bagus untuk dibaca. Ada juga yang harus dienyahkan, bahkan kalau bisa, dibakar aja. Alasan kayak gini biasanya buku itu ‘beracun’ buat otak dan jiwa.

Begitu juga buku-buku berikut ini, yang dinilai mengandung ‘racun’ pemahaman terhadap pembacanya, misalnya tentang rasis, menghujat agama, seksualitas, dan dorongan tindak kriminal. Awas, hati-hati ya dengan 10 buku ini.     

1. Seven Days in Rio - Francis Levy

Buku ini dinilai memalukan bangsa Brasil. Maklum, penulisnya, Francis Levy menggambarkan Rio de Janeiro adalah kota wisata seks. Dia seolah menelanjangi aib kota tersebut secara satir.

2. A Million Little Pieces - James Frey

Banyak sekali penipuan data dalam buku ini. Oprah Winfrey pun kecele dengan penuturan si penulis saat diundang pada acaranya. Buku memoar penulisnya ini berisi tentang pengalaman kejahatan, kecanduan, dan kehidupan di penjara.

3. The Final Testament of the Holy Bible - James Frey


Lagi-lagi, James Frey menuai kontroversi. Melalui bukunya ini, Frey dianggap menghujat ajaran agama Kristen dengan penciptaan mitologi yang menyesatkan.


4. Sarah - JT Leroy

Buku ini dianggap kontroversial oleh koran New York Times karena banyak data dan fakta tidak sesuai kenyataan, misalnya tentang identitas penulis bukunya itu sendiri. Dia pun digugat Antidote International Films atas kasus penipuan cerita.

5. The Satanic Verses - Salman Rushdie

Salah satu buku yang sangat menghebohkan karena isinya menghina Nabi Muhammad SAW, juga umat Muslim pada umumnya. Rushdie pun akhirnya mendapatkan hukuman atas penulisan buku ini.

6. The Jewel of Medina - Sherry Jones

Buku ini sangat kontroversial karena dianggap menghina Aisyah, istri Nabi Muhammad. Meskipun buku ini novel, toh tetap saja banyak yang menuntut buku tersebut dilarang beredar.   

7. The Prague Cemetery - Umberto Eco

Para pemimpin agama di Italia dan belahan dunia lainnya memprotes terbitnya buku ini. Pasalnya, Umbert Eco mengisahkan kehidupan anti-Semit, Freemason dan komplotan Jesuit jahat, yang bisa membahayakan ajaran agama yang sudah ada.

8. The Turner Diaries - Andrew MacDonald

Buku ini memuat ajaran rasis tentang revolusi kekerasan di Amerika Serikat. Bahkan buku ini diduga sangat mempengaruhi Timothy McVeigh, pelaku pengeboman gedung di Oklahoma pada tahun 1995.

9. The Elementary Particles - Michel Houllebecq

Setelah buku ini beredar pada tahun 2001, Michel Houllebecq digugat 4 organisasi Islam dengan alasan, buku yang ditulisnya menghujat dan memfitnah ajaran Islam.

10. The Virtue of Selfishness - Ayn Rand

Buku kumpulan esai ini dianggap kontroversial karena banyak memuat kutipan-kutipan filsafat yang menyesatkan, bahkan pembacanya mayoritas adalah anak-anak. Buku yang dianggap terlalu serius untuk usia mereka. [][teks @firza | sumber & foto flavorwire.com]