}
11 Universitas Tertua di Dunia
Trivia

11 Universitas Tertua di Dunia

by Pandu
Wed, 15-Jul-2015

Dahulu cuma ada beberapa kampus di dunia sebelum menjamur seperti sekarang. Di satu kampus pun paling banyak cuma ada sembilan jurusan yang tersedia. Paling sedikit ada dua mirip dengan SMA.

Bagaimanapun, kampus-kampus ini telah menyumbang banyak pada peradaban modern. Kami telah merangkum 11 kampus tertua di dunia ini. Enjoy!

Universitas Murcia, Spanyol [1272]

Awalnya, universitas ini cuma punya dua jurusan, Sains dan Literatur Latin. Beberapa abad berkembang jadi biologi, ekonomi, filsafat, kedokteran dan hukum.

Universitas Valladolid, Spanyol [1241]

Bangunan kampus ini menyerupai kastil. Dibangun oleh Castile’s Alfonso VIII untuk mengajarkan bahasa, aritmatika, dan agama. Sekarang sudah ada 100 jurusan berbeda.

Universitas, Siena, Italia [1240]

Kampus ini hampir saja hancur saat Peran Dunia II. Ada 9 fakultas dan 20.000 mahasiswa yang terdaftar di universitas ini.

Universitas Toulouse, Prancis [1229]

Dikatakan sebagai salah satu dengan view terbaik. Sedikitnya ada 100.000 mahasiswa yang terdaftar di kampus ini. Dibangun tahun 1229 oleh titah Count Raymon VII.

Universitas Naples Federico II, Italia [1224]

Awalnya tempat ini bernama Universitas Naples, tahun ’87 ditambahkan Frederico II untuk menghormati sang pendiri. Ada 187 jurusan yang bisa ditempuh di sini.

Universitas Padova, Italia [1222]

Di kampus ini, Galileo Galilei belajar tentang astronomi. Awalnya, mahasiswa dan dosen yang belajar disini mencari kebebasan berpikir yang tidak didapat di Universitas Bologna.

Universitas Cambridge, Inggris [1209]

Salah satu kampus paling bergengsi di dunia ini, awalnya didirikan oleh orang-orang yang keluar dari Oxford. Berkat dukungan Paus, King Henry III mengizinkan berdirinya kampus ini.

Universitas Salamanca, Spanyol [1134]

Tahun 1218, Raja Alfonso IX memerintahkan dibangunnya kampus ini agar tak tertinggal dari Prancis dan Inggris. Sekarang, universitas ini memiliki 81 jurusan. Yang terbaik adalah program mikrobiologi.

Universitas Oxford, Inggris [1906]

Sekira 94% mahasiswa di kampus ini mendapat pekerjaan 6 bulan sebelum mereka lulus. Di kampus ini juga, Injil diterjemahkan pertama kalinya menjadi bahasa Inggris lalu ke bahasa lainnya.

Universitas Bologna, Italia [1088]

Ini adalah universitas tertua di dunia Barat. Setiap tahunnya ada 100.000 mahasiswa yang mendaftar di kampus ini. Rata-rata dari mereka mengincar jurusan hukum.

Universitas Al-Azhar, Mesir [972]

Sebelum millennium pertama, Al-Azhar telah menjadi pusat pembelajaran Islam dan literatur Arab. Sudah berabad-berabad universitas ini selalu jadi tujuan utama para Muslim untuk menimba ilmu. [][teks @HaabibOnta | foto nonprofitcollegeonline]