}
Lima Energi Terbarukan  Kurang Dimaksimalkan Indonesia
Trivia

Lima Energi Terbarukan Kurang Dimaksimalkan Indonesia

by Pandu
Tue, 15-Sep-2015

Indonesia masih sangat bergantung pada sumber energi konvensional, terutama minyak bumi dan batu bara. Padahal beberapa negara lain telah beralih dengan mencari sumber energi yang terbarukan dan sedikit polusi.

Berikut adalah lima sumber tenaga terbarukan yang seharusnya dimaksimalkan di Indonesia.

1. Tenaga Angin

Negara-negara maju seperti Cina, USA, dan Belanda telah menggunakan angin sebagai sumber energi. Mereka memakainya karena tenaga angin tidak menimbulkan polusi dan dirasa paling tepat.

2. Tenaga Matahari

Panas matahari langsung diubah menjadi listrik oleh panel-panel surya.Bersih tanpa polusi sama sekali. Cocok untuk daerah khatulistiwa. Kekurangannya harga panel surya itu mahal.

3. Tenaga Pasang

Sebagai  negara maritim, Indonesia sebenarnya bisa memanfaatkan gelombang pasang secara maksimal untuk diubah menjadi sumber tenaga terbarukan.


4. Tenaga Biomassa

Kotoran hewan tidak cuma bisa dijadikan sebagai pupuk. Perkembangan teknologi mampu mengubah kotoran itu jadi Biofuel yang lebih ramah lingkungan. Contohnya adalah biodiesel yang dipakai untuk mobil merupakan hasil penyulingan Biomassa.

5. Tenaga Geothermal

Energi alternatif diciptakan melalui pemanfaatan sumber panas bumi, misalnya melalui kanal magma, air panas alam, atau sirkulasi hidrotermal. Panas dialirkan ke turbin lalu diubah menjadi tenaga. El Salvador, Kenya, Philippines, Islandia, dan Costa Rica telah menggunakannya.

Indonesia sebetulnya telah memiliki kelima sumber tenaga tersebut. Tapi baru tenaga Biomassa yang mulai dikembangkan.  Karena berada di daerah khatulistiwa,  negara ini dapat curahan panas matahari. Juga terbentangnya gunung merapi bisa dijadikan alternatif lain, selain sebagai ancaman yang entah kapan meletusnya.

[][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto populationeducation]