}
Mengenal Jenis Domba
Trivia

Mengenal Jenis Domba

by Yogira
Tue, 01-Sep-2015

Domba adalah salah satu binatang ternak ternama di Indonesia, terutama saat Idul Adha. Dagingnya lezat serta dapat membuat vitalitas kuat.

Nah, kamu pencinta daging domba, menarik juga mau mengenal jenis-jenisnya, baik yang jenis lokal, maupun internasional. Yuk kita ‘kenalan’ dengan mereka. 

Domba Garut

Inilah domba hasil persilangan segitiga antara domba lokal, domba Kibas dari Afrika Selatan dan Domba Merino [domba khas Asia]. Domba jenis ini dirintis di Garut oleh Adipati Limbangan pada abad ke-19.

Domba Texel Wonosobo

Lebih dikenal dengan nama Dombos. Berbulu wol keriting spiral, domba ini memiliki serat daging berkualitas tinggi dan jadi komoditas unggulan para peternak domba.

Domba Batur

Nama lainnya adalah Domas. Domba ini hasil persilangan yang pertama kali dilakukan petani Kecamatan Batur, Banjanegara, Jawa Tengah. Domas termasuk domba potong penghasil daging yang baik. 

Domba Ekor Tipis [Domba Gembel]

Domba ini berperawaan kecil yang bisa melahirkan anak kembar, sekitar 2-5 dalam setiap kelahiran dan mudah berkembang biak serta gampang beradaptasi pada kawasan tropis.

Domba Ekor Gemuk [Domba Qibas]

Domba ini berkembang dari Asia Barat atau India. Pedagang Arab membawanya ke Jawa pada abad ke-18. Domba Qibas tahan pada iklim panas dan kering.        

Domba Hampshire

Inilah domba asal Inggris, berwajah gelap, berbulu panjang dan tebal. Hampshire adalah domba persilangan antara domba Southdown jantan dengan domba betina keturunan Wiltshire Horn dan Berkshire Knot. Jadi inget Shaun the Sheep ya..

Domba Polwarth

Bulunya penghasil wol berkualitas tinggi. Domba ini mulai dikembangkan di kawasan Victoria Australia, hasil persilangan Domba Merino [75%] dengan Domba Lincoln [25%].

Domba Portland

Ciri khasnya bertubuh kecil dan berbulu penghasil wol. Domba asal Inggris ini termasuk domba yang berwarna unik saat baru lahir. Warnanya agak keputih-putihan atau abu-abu. Tanduknya berbentuk spiral.

Domba Rambouillet

Domba berasal dari Prancis ini berperawakan besar, lebar, dan padat. Dagingnya banyak dan bulunya penghasil wol berkualitas.

Domba Norwegia [Villsau]

Tergolong domba primitif yang banyak berkembang di Norwegia dan Skandinavia. Domba ini bermuka kecil, berkaki bagus dan berbulu indah dan lembut.

Domba Southdown

Domba tipikal pedaging asal Inggris ini bertubuh kecil, kaki pendek, tapi dagingnya padat dan lezat.

Nah, mana yang mau kamu pilih buat qurban tahun ini? [][teks @firza | sumber  & foto dompi.co.id, suggestkeyword.com, jendralgroup.blogspot.co, berbagai sumber]