}
10 Ikan Paling Berbahaya Sedunia
Trivia

10 Ikan Paling Berbahaya Sedunia

by Yogira
Wed, 19-Aug-2015

Ada lebih 30.000 spesies ikan yang hidup di air laut dan air tawar. Sungguh melimpah dan sebagian indah. Namun, ada jenis ikan tertentu yang bisa membuat kamu sakit parah atau malah tewas karena gigitan dan racunnya.

Kamu suka makan ikan? Jangan coba-coba makan ikan yang terdaftar di sini ya. Bisa-bisa kamu bergelut dengan  maut.

10. Buntal [Puffer]

Nama lainnya adalah swellfish atau blowfish. Tapi kita mengenalnya sebagai buntal. Inilah ikan beracun. Gigitan rahangnya bisa membunuhmu secara perlahan.

9. Lepu Merah [Red Lionfish]

Ikan yang terkenal dengan sirip duri beracun. Jika kamu tertusuk dengan siripnya, segeralah menyelamatkan diri, jangan malah menggorengnya.

8. Candiru

Disebut juga lele parasit. Seperti vampir, ikan ini menyukai darah. Gigitannya  mengakibatkan peradangan, perdarahan, bahkan kematian. Jangan main-main dengannya kalau kamu di Sungai Amazon.

7. Hiu Putih Besar [Great White Shark]

Inilah ikan pemangsa paling populer dalam kehidupan nelayan. Perangainya galak, buas, layaknya predator yang keranjingan daging. Sudah banyak korban dari kalangan penyelam, perenang, dan pelayar karena ulahnya.

6. Belut Moray [Moray Eel]

Ada 80 spesies  belut moray hidup di perairan tropis dan subtropis. Mereka menyerang manusia kalau memang terganggu. Selain rahangnya, daging ikan ini pun beracun. So, jangan sekali-kali belut ini dibikin pepes.

5. Ikan Macan [Tigerfish]

Namanya juga udah serem dan terkesan buas. Meski ikan ini nggak mengaum kayak macan, gigitan tigerfish bisa mengoyak-ngoyak tubuh hingga jadi santapan baginya.

4. Piranha

Nah, inilah jenis ikan buas, yang makannya sering berjamaah. Piranha termasuk rakus dalam menyantap mangsa. Kalau berani, coba celupkan tangamu ke air di sekitar ikan-ikan ini. Dijamin ludes, tinggal tulang belulang!

3. Ikan Batu [Stonefish]

Pastinya, personel The Rolling Stones aja ketakutan kalau menyelam bersama Stonefish. Ikan gempal bermulut besar ini ternyata juru suntik berbahaya. Mereka bisa menyuntikan racun dari siripnya yang mematikan.

2. Manta Atlantik [Atlantic Manta]

Yang paling berbahaya dari jenis ikan pari ini adalah ekornya yang menyengat. Demikian juga tanduknya dikenal beracun. Banyak sudah penyelam jadi korban karena ‘senjatanya’ itu.

1. Belut Listrik [Electric Eels]

Bahkan petugas PLN pun pastinya takkan berani menyelam berdekatan dengan belut ini. Daya listrik belut ini sungguh dahsyat. Kekuatanya bisa mencapai 300-650 volt. Sekali sengat, korbanya bisa mendadak wafat. [][teks @firza | sumber & foto britannica.com, dentex.wordpress.com, wall.alphacoders.com]