}
Bunga-bunga Terlangka
Trivia

Bunga-bunga Terlangka

by Pohan
Wed, 16-Sep-2015

Bunga adalah anugerah paling indah yang kita dapatkan dari alam. Ada lebih dari 270.000 jenis bunga yang tersebar di dunia. Beberapa bunga mekar pada suatu musim atau bahkan setelah beberapa dekade. Inilah 10 bunga yang paling indah dan paling langka di dunia:

10. Kadupul Flower

Bunga Kadupul terdapat di hutan Sri Lanka. Hanya beberapa orang yang beruntung untuk bisa melihat keindahan bunga ini karena mekar pada pertengahan malam dan binasa sebelum fajar.

9. Campion

Bunga Campion atau disebut Silene tomentosa hanya ditemukan di wilayah Inggris, Gibrartal. Spesies ini sempat dinyatakan punah, namun tahun 1994 seorang pendaki di tebing Gibrartal menemukan Campion di lingkungan yang tidak bersahabat.

8. Ghost Orchid

Ghost Orchid langka karena bentuknya yang unik seperti jaring laba-laba. Bunga ini tumbuh Kuba dan Florida Amerika. Ia  hanya mekar selama tiga minggu antara April dan Agustus. Pertumbuhan bunga ini memerlukan suhu dan kelembapan yang tinggi.

7. Chocolate Cosmos

Bunga Chocolate Cosmos adalah salah satu bunga yang paling indah dan langka dari Meksiko. Warnanya merah atau cokelat tua dan biasanya mekar pada waktu malam pada akhir musim panas.

6. Parrot’s Beak

Bunga yang aslinya dari Kepulauan Canary Spanyol ini memiliki lengkungan seperti paruh nuri. Parrot's Beak mekar pada musim semi saat matahari bersinar dan sudah mulai langka sejak tahun 1884. Yang tersisa dilindungi hukum.

5. Youtan Poluo

Bunga ini akan mekar setiap 3.000 tahun! Dianggap demikian karena merupakan indikasi dari reinkarnasi Buddha. Youtan Poluo menghasilkan bau seperti kayu cendana yang bisa ditemukan di Cina, Korea, Taiwan, dan AS. Mr Ding, petani asal Cina salah satu yang pertama menemukan tanaman ini.

4. Yellow and Purple Lady Slippers

Namanya menarik. Bunga ini anggota keluarga anggrek yang langka di London dan daerah Eropa lainnya. Sebagian besar bunga berwarna kuning dan hampir 3/4 dari jumlah bunga dan bagian yang tersisa adalah ungu. Bunga ini dilindungi hukum di London.

3. Corpse Flower

Inilah bunga bangkai yang menghasilkan bau seperti daging busuk. Bunga ini dapat ditemukan di beberapa dataran rendah di Kepulauan Indonesia. Bunga ini mekar setiap 30 atau 40 tahun. Daun bunga bangkai tumbuh hingga ketinggian 20 kaki. Di Sumatera, bunga bangkai dilindungi hukum.

2. Jade Vine

Bunga Jade Vine hanya bisa ditemukan di hutan hujan Filipina. Ia memiliki cakar berbentuk bunga yang bisa tumbuh hingga 3 meter. Warnanya bervariasi, mulai biru hingga hijau muda. Proses penyerbukannya alami dan terus berubah sesuai kondisi lingkungan ini yang membuat Jade Vine bunga yang langka.

1. Middlemist Red

Middlemist Red adalah bunga yang paling langka di dunia, hanya dua contoh yang tersisa di dunia. Anda bisa melihatnya di Selandia Baru dan Inggris. John Middlemist adalah pembibit yang membawa bunga ini dari Cina ke Inggris pada tahun 1804.

[][teks @pohanpow | sumber & foto themysteriousworld.com, flowers.org.uk, capitallandscape.com]