Videos

KPR 'Resah' pada Hari Sumpah Pemuda

by Pohan
Thu, 29-Oct-2015

Band rock asal Jakarta, Kelompok Penerbang Roket [KPR] merilis video musik single kedua berjudul "Dimana Merdeka?” yang diambil dari album Teriakan Bocah bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda [28/10].

Setelah berkolaborasi dengan Zidny Nafian untuk “Anjing Jalanan", video musik kali ini mereka sutradarai sendiri dengan menggaet Tara Suwanto sebagai kolaboratornya.

Lagu "Dimana Merdeka?" mengungkapkan keresahan para anggota band: Rey Marshall, Viki Vikranta, dan John Paul Patton terhadap orang-orang yang mengaku merdeka tapi nyatanya tidak sepenuhnya sudah merdeka.

“Lagu 'Dimana Merdeka?' bercerita tentang fenomena di sebuah negara yang katanya sudah merdeka, tetapi nyatanya masih banyak individu yang terjajah; khususnya oleh diri mereka sendiri,” kata Rey.

Rey mengambil contoh, orang yang berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia dicampur dengan bahasa Inggris atau orang yang naik motor atau skuter dengan bangga memakai bendera Inggris.

"Mungkin mereka nggak tau bahwa di sana kita itu dianggap rendah,” ungkapnya.

Video “Dimana Merdeka?” menampilkan salah satu sahabat KPR, Advent 'Ocem' Chrystiawan. Ocem berkeliling Jakarta memakai baju olahraga sambil membawa bendera merah putih, menunjukkan semangat kemerdekaan. Sementara, Rey Marshall menjadi cameo supir bajaj.

Single “Dimana Merdeka?” pertama kali dirilis dalam acara Terimakasih Veteran "Berjuang Untuk Pejuang” pada 7 Oktober 2014. Selain sebagai ungkapan terimakasih kepada pejuang veteran demi Indonesia, seluruh keuntungan penjualan single “Dimana Merdeka?” di iTunes akan disumbangkan kepada pejuang veteran. [][teks @pohanpow/PR | foto dok Kelompok Penerbang Roket]